Perkembangan teknologi kini telah merubah metode pembayaran konvensional yang dulunya menggunakan uang tunai lalu berkembang menjadi kartu kredit dan kartu debit hingga saat ini pembayaran dapat dilakukan menggunakan uang elektronik dari ponsel kamu. Berkembangnya teknologi membuat munculnya alternatif metode pembayaran yang sesuai dengan perkembangan jaman sehingga dapat memudahkan pelanggan dalam melaksanakan berbagai aktivitas pembayaran, khususnya saat ini yang baru muncul ialah uang elektronik yang “digarap” oleh perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia Telkomsel.

uang elektronikUang elektronik ialah mata uang independen yaitu seperti e-Gold atau Euro, Kebanyakan uang di dunia sekarang ini adalah elektronik, dan uang tunai mulai semakin berkurang penggunaannya. Dengan perkenalan internet, bank online, kartu debit, dan pembayaran online, dan bisnis internet, uang kertas menjadi sebuah barang masa lalu. Kartu debit dan pembayaran online membuat transfer dana secara langsung dari seorang individu ke account bisnis, tanpa uang kertas. Ini memberikan kemudahan bagi banyak orang dan juga bisnis terutama bisnis online.

Prospek Uang Elektronik / T-Cash / e-Money

Masa depan yang menggiurkan dalam bidang ini memunculkan banyaknya “pemain baru”, tidak hanya dari sektor perbankan, melainkan juga dari non perbankan yaitu salah satunya Telkomsel. Operator tersebut kini mempersembahkan T-Cash sebagai wujud keseriusan dalam menggarap bisnis uang elektronik (e-money). Sebagai catatan, Telkomsel merupakan operator seluler pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi dari BI ( Bank Indonesia ) untuk menjalankan bisnis e-money pada tahun 2007

Server khusus dari Telkomsel untuk mengelola Account e-money menandakan mereka telah siap untuk mengembangkan bisnis uang elektronik ini.Anak usaha Telkom ini juga sudah membuat satu account khusus T-Cash yang berbeda dengan account pulsa dimana account ini berguna untuk aktivitas pembayaran. Agar dapat mengakses dana yang tersimpan di account T-Cash, pelanggan dapat menggunakan media SMS.[blockquote align=”left”]Kehadiran T-Cash / Uang Elektronik memudahkan transaksi secara online, cepat dan mudah[/blockquote] Kehadiran T-Cash sebagai alat pembayaran melalui ponsel dinilai cukup menjanjikan, karena dapat mempermudah masyarakat dalam bertransaksi secara online, cepat, mudah, dan aman.Dalam bisnis e-money, kunci utama keberhasilan layanan ditentukan oleh banyaknya customer base dan juga jumlah transaksi yang dapat di-generate oleh alat pembayaran uang elektronik tersebut.

Penggunaan Uang Elektronik / T-Cash / e-Money

Dengan semakin banyaknya mitra yang bekerjasama dengan penyelenggara layanan e-money, maka peluang untuk transaksi yang akan dilakukan oleh pelanggan pun semakin besar. Sejumlah mitra potensial untuk layanan uang elektronik dapat berupa jasa transportasi, retail, webstore, dan juga restoran.Hingga saat ini T-cash digunakan oleh sekitar 8,2 juta pelanggan. Telkomsel juga telah bekerjasama dengan lebih dari 530 merchant dengan total terminal sebanyak 32.737 di seluruh Indonesia untuk mendukung kesuksesan layanan T-Cash.

Telkomsel optimis dapat terus mengembangkan bisnis e-money sebagai wujud dukungan dalam menciptakan less cash society atau gerakan untuk menggunakan lebih sedikit uang tunai dalam bertransaksi. wah wah wah sepertinya operator yang satu ini sudah merambah ke dunia perbankan, semoga saja metode uang elektronik dapat diikuti oleh operator-operator yang lainnya sehingga penggunaan uang tunai dapat ditekan karena rawan akan kejahatan, dengan adanya uang elektronik juga memudahkan kita dalam melakukan transaksi online secara cepat dan mudah, jadi kalau mau ngirim duit ke kampung ga pake western union lagi nanti :).

Yang paling terpenting ialah semoga pengelolaan uang elektronik / e-money ini telah diatur dalam Undang-Undang Perbankan dan juga Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan demi memajukan industri telekomunikasi di Indonesia.

Akhir bahasan Uang Elektronik