Pulsa Tidak Masuk

Pulsa tidak masuk atau pulsa susah masuk adalah kesulitan yang paling sering ditemui oleh para penjual pulsa elektrik, mengapa begitu ? Hal ini disebabkan dalam proses pengisian pulsa elektrik, banyak faktor yang menentukan cepat atau lambatnya pulsa tersebut masuk ke nomor pelanggan, apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi pengisian pulsa elektrik? Kali ini kita coba sedikit membahas faktor-faktor tersebut.

Server Pulsa

bisnis pulsaJika kamu menggunakan layanan Server Pulsa a.k.a One Chip All Operator a.k.a 1 Sim Card dapat mengisi segala operator, maka faktor server pulsa yang kamu gunakan sangat mempengaruhi kecepatan dan keakuratan transaksi pengisian yang dilakukan. Sebagai contoh, kamu menggunakan server pulsa A, lalu saat kamu transaksi server A menjawab “Transaksi Sedang Diproses” nah ini menandakan transaksi yang kamu lakukan masih diproses oleh server tersebut atau bisa juga sudah diproses tapi masih menunggu jawaban dari provider untuk status transaksi yang kamu lakukan. Lalu kamu coba transaksi lainnya ke server B tentu dengan nominal dan jenis pulsa yang sama tapi nomor tujuannya berbeda, lalu tidak berapa lama server tersebut mengirimkan jawaban “Transaksi Telah Sukses” nah ini menandakan kecepatan proses pengisian nomor pada Server pulsa B lebih tinggi dari Server A.

Di samping itu faktor yang paling penting yang harus diperhatikan ialah layanan Customer Service dari Server pulsa yang kita gunakan, karena layanan ini sangat dibutuhkan apabila terjadi pengisian yang lama masuknya atau pengisian pulsa telah sukses tapi nomor pelanggan belum menerima pulsa yang dimaksud. Dengan demikian kecermatan dalam memilih server yang akan kamu jadikan mitra bisnis pulsa elektrik sangatlah menentukan.

Provider Pulsa

Ya, provider atau operator seluler sangat memainkan peranan penting dalam layanan pengisian pulsa elektrik. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan semua transaksi yang dilakukan dimanapun di seluruh Indonesia pasti melalui server provider yang bersangkutan, jadi jika server provider dalam keadaan sehat wal afiat alias dalam keadaan normal, maka dipastikan proses pengisian pulsa akan berjalan “mulus” :). Tetapi sebaliknya jika provider atau operator seluler tersebut sedang mengalami gangguan jaringan, maka dapat dipastikan proses pengisian pulsa kamu akan memakan waktu yang sangat lama. Hal lain yang lebih mengenaskan ialah jika stok telah terpotong tetapi pulsa yang dituju tak kunjung masuk, apabila hal ini terjadi maka satu-satunya cara ialah dengan menghubungi customer service dari provider yang bersangkutan.

Faktor Eksternal Jika Pengisian Pulsa Tidak Masuk

Apa saja itu faktor eksternal? Faktor eksternal yang dimaksud adalah program-program langganan berbayar yang digunakan oleh pelanggan kita yang memotong pulsa mereka pada saat layanan diberikan. Nah, repotnya dari layanan ini ialah kadang langsung memotong pulsa pengguna ketika pulsanya telah tercukupi. Otomatis terpotong inilah yang terkadang menjadi permasalahan karena pelanggan tidak menyadari bahwa layanan berbayar tersebut telah diperpanjang dengan memotong pulsa yang baru saja diisi. Yang sering kita tahu seperti SMS Premium yang kadang langsung memotong pulsa tanpa pemberitahuan kepada si pengguna layanan.

Langkah-Langkah Jika Pulsa Tidak Masuk

Lalu langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika ternyata pengisian pulsa memang tidak masuk. Langkah pertama ialah dengan melihat jawaban dari server pulsa elektrik yang Anda gunakan, apakah dalam jawaban tersebut terdapat nomor Serial Number (SN)? Jika tidak terdapat SN maka Anda harus terlebih dahulu melakukan komplain ke server pulsa yang bersangkutan dan jika jawaban server pulsa ternyata telah memotong stok pulsa maka langkah selanjutnya ialah melakukan cek pulsa secara berkala. Tetapi jika ternyata jawaban dari server pulsa telah termasuk nomor Serial Number Pengisian pulsa elektrik, maka langkah yang harus Anda lakukan ialah melakukan komplain dengan menghubungi Customer Service provider yang bersangkutan.

Sedikit Contoh nomor CS dari para provider adalah:

  • Telkomsel (simPATI dan KartuAS)  :  155 dan 188
  • Indosat (Mentari dan IM3)  :  100/200/202/300
  • XL  :  817
  • Axis  :  831/838
  • Three  :  123
  • Esia  :  *990
  • Flexi  :  147
  • SmartFren  :  888/881
  • Token PLN  :  123 (dari nomor PSTN/Hp)

Mudah-mudahan Customer service tersebut dapat membantu Anda memecahkan masalah yang Anda hadapi dalam kaitannya pengisian pulsa elektrik.

Sekian Tips untuk kasus pengisian pulsa tidak masuk.