Di China, selama berabad-abad, sirip ikan hiu dipercaya mengandung zat yang penuh manfaat. Meski begitu, kontroversi seputar sajian lezat ini juga terus tetap berputar. Mulai dari dampak negatif kesehatan hingga hiu yang telah menjadi hewan yang dilindungi.

Sebuah laporan investigasi oleh stasiun berita Focus CCTV Cina menunjukkan, banyak restoran di Beijing, Guangdong, Zhejian dan Fujian menjual sup sirip ikan hiu tiruan. Sirip buatan ini diracik dengan campuran kacang hijau, gelatin, natrium dan berbagai bahan kimia lainnya.

Bentuknya pun tak jauh beda dengan sirip hiu asli. Laporan berita tersebut juga menyimpulkan, 40 persen sup sirip ikan hiu yang dijual di China adalah palsu.

Melansir Huffington Post, sup sirip ikan hiu adalah sajian populer Negeri Tirai Bambu yang telah dinikmati sejak berabad-abad lalu. Sajian ini juga tergolong santapan mewah dan hanya disajikan saat acara khusus.

Bukan masalah cita rasa, tapi bahan kimia yang digunakan mengancam kesehatan penikmatnya. Sirip palsu ini mengandung racun dan berakibat buruk pada paru-paru dan organ tubuh lainnya. Mungkin inilah yang membuat banyak orang beranggapan sup sirip ikan hiu bahaya bagi kesehatan.

Di AS, sup sirip ikan hiu adalah bahan kontroversial dengan berbagai alasan. Banyak hiu yang diburu mengakibatkan ikan tersebut terancam punah, sehingga penangkapannya dimasukan dalam tindak kejahatan. Uni Eropa juga telah melarang praktek penangkapan ikan hiu.

Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/381317-sup-sirip-ikan-hiu-beracun-terjual-bebas-di-china