Ponsel cerdas Samsung Galaxy S III sudah resmi tiba di Indonesia. Rencananya, vendor asal Korea Selatan itu akan melepas ke pasar pada 2 Juni nanti.

“Harganya sekitar Rp 6 juta sampai Rp 7 juta,” kata Andry Sutamto, Product Marketing Manager Mobile Phone Business Samsung Electronics Indonesia, di Jakarta, Selasa, 22 Mei 2012. Samsung Galaxy S III mengadopsi sistem operasi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) dan prosesor quad-core Exynos berkecepatan 1,4 GHz.

Beberapa fitur andalan yang ada di dalamnya, misalnya Smart Stay, Pop Up Play, Burst Shoot, dan S Voice. Layanan Smart Stay memungkinkan layar tetap menyala selama Anda menatapnya. Pasalnya di bagian atas displai terdapat sensor untuk mendeteksi mata dan wajah penggunanya.

Adapun fitur Pop Up Play dibenamkan pada aplikasi pemutar video. Layanan ini memungkinkan Anda tetap menikmati video sembari browsing atau mengetik pesan.

Sementara Burst Shoot membuat kamera dapat mengambil 20 gambar sekaligus dan memilih delapan gambar terbaik di antaranya. Aplikasi S Voice bekerja sebagaimana Siri. Untuk mengaktifkannya, Anda harus mengatakan “Hi Galaxy” kemudian sampaikan pertanyaan. Dalam tempo lima detik, S Voice yang berujar dengan suara perempuan ini akan menyajikan jawabannya.

Andry menuturkan, bagi pembeli Samsung Galaxy S III pada hari pertama akan memperoleh aplikasi Drop Box dengan kapasitas 50 gigabita selama dua tahun.

Sumber: Tempo