Pembelian Pulsa Elektrik

Rekonsiliasi Pembelian Stok Pulsa Elektrik dilakukan dengan tujuan memastikan bahwa setiap uang yang Anda berikan kepada supplier telah di-input ke dalam saldo deposit Anda (H2H), untuk pembelian kepada Dealer Pulsa Resmi rekonsiliasi sebaiknya dilakukan dengan cek stok pulsa melalui chip bersangkutan.

Melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu :

  1. Cara Cek Perhitungan Software Server Pulsa Elektrik
  2. Rekonsiliasi Harga Beli Pulsa Elektrik
  3. Rekonsiliasi Deposit Pulsa Elektrik

Mari kita bahas cara rekonsiliasi pembelian stok pulsa elektrik pada server pulsa Anda.

rekonsiliasi pembelian pulsa elektrikDengan perkembangan dan perubahan sistem penjualan pulsa elektrik yaitu munculnya penerapan Hard Cluster, maka tidak dipungkiri idealisme sebuah server pulsa untuk memiliki stok dengan chip sendiri pada setiap operator menjadi hal yang mendekati tidak mungkin, terlebih jika jangkauan pelayanan server tersebut melebihi area cluster tempat dealer berada.

Oleh karena itu dengan semakin seringnya kita berhubungan antar sesama server maka semakin sering juga kita melakukan transaksi yang melibatkan transfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya. Hal ini menjadi sangat krusial dan fatal jika pemilik/operator/cs/petugas deposit pada server pulsa lalai dalam memantau masuknya saldo deposit ke akun H2H kita pada supplier yang bersangkutan. Yang terjadi kemudian ialah hilangnya aset Anda berupa uang tunai tanpa ada stok yang masuk ke server pulsa Anda. Satu contoh ialah operator server melakukan transfer ke rekening supplier pada jam mendekati pukul 21.00 WIB, dimana jam tersebut adalah batas akhir penarikan mutasi rekening yang dapat dilakukan melalui internet banking, setelah ditunggu beberapa saat ternyata saldo Anda tidak masuk dan supplier memutuskan untuk melakukan input saldo Anda keesokan harinya. Disinilah salah satu celah Anda akan kehilangan aset berupa uang tunai yang tidak terkonversi menjadi stok pulsa elektrik jika pada keesokan harinya Anda lupa untuk melakukan konfirmasi ulang ke supplier bersangkutan, atau bisa juga operator yang bekerja, berbeda shift dengan yang melakukan transfer sehingga jika terjadi kurangnya koordinasi antar operator server,  hal ini akan menimbulkan kerugian yang tidak perlu.

Rekonsiliasi Pembelian Stok Pulsa Elektrik

Sehubungan dengan hal diatas, maka rekonsiliasi terhadap pembelian stok pulsa menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah bertambahnya pos-pos kerugian yang mungkin Anda akan derita. Caranya tentu sangat mudah karena yang dibutuhkan disini ialah kemauan Anda untuk bekerja benar-benar sebagai pengusaha dimana Anda tidak mungkin menginginkan kerugian terjadi pada usaha.

Langkah pertama ialah buatlah rekapan transfer melalui rekening yang diambil dari mutasi internet banking, tentu mutasi yang kita Ambil ialah mutasi Debit pada Bank yang bersangkutan.

rekonsiliasi-pembelin-pulsa-elektrik

Dari gambar diatas terlihat mutasi debit dari rekening Bank Mandiri ke rekening supplier H2H dengan jumlah total 86.018.567,01 . Nah jumlah tersebut bukan jumlah yang sedikit bukan, setidaknya bagi saya itu jumlah yang besar 🙂 . Apa jadinya jika kita membiarkan jumlah besar uang yang kita berikan tanpa ada “pengawalan” yang jelas uang itu akan terkonversi jadi stok pulsa atau tidak? Tentu akan ada banyak kerugian yang Anda derita. Bahkan dengan merekap data debit Bank saja anda sudah dapat mendeteksi jumlah biaya administrasi berserta pajaknya.

Langkah selanjutnya ialah membandingkan data debit mutasi Bank yang Anda punya dengan data masuknya saldo ke akun deposit pada Supplier H2H.

rekonsiliasi-pembelin-pulsa-elektrik-2

Pada kolom sebelah kiri ialah jumlah total yang ditransfer ke suatu Modul (Supplier H2H) sedangkan Kolom sebelah kanan ialah rincian dari masuknya Saldo ke akun deposit Anda pada supplier H2H. Kolom Sukses adalah waktu masuknya saldo Anda ke akun deposit H2H, jadi nanti akan terlihat apakah terdapat deposit yang belum diinput oleh supplier atau tidak.

Terlihat bukan, dengan adanya rekonsiliasi pembelian pulsa elektrik, maka kita telah melakukan “pengawalan” terhadap transfer rekening ke supplier dengan tujuan untuk memastikan bahwa setiap transfer yang kita lakukan telah terkonversi menjadi stok pulsa elektrik yang bisa kita jual.

Untuk download contoh filenya bisa di sini: Rekonsiliasi Pembelian Stok Pulsa Elektrik

Oke, cek perhitungan server pulsa sudah bisa, rekonsiliasi harga beli pulsa sudah bisa, rekonsiliasi deposit pulsa elektrik juga sudah bisa dan rekonsiliasi pembelian stok pulsa sudah dilakukan, maka pelajaran selanjutnya ialah Penerapan prinsip-prinsip akuntansi pada server pulsa elektrik Anda.

As usual questions anda critics are warmly welcomed,

Salam Hangat  Pojok Pulsa

– kojop –