Rekonsiliasi Harga Beli Pulsa

Server PulsaSebelum lanjut ke Akuntansi Server Pulsa, maka hal dasar yang harus diketahui tentu ialah berapa sih total pembelian stok pulsa ke dealer / supplier H2H dalam kurun waktu penjualan satu hari berjalan. Mari kita bahas sedikit teknik perhitungan harga beli pada server pulsa elektrik.

Tidak dipungkiri harga beli atau dalam istilah sehari-hari harga modal (Cost of Goods Sold) adalah faktor penentu keuntungan dari usaha server pulsa elektrik yang Anda jalankan. Dengan mengetahui jumlah pasti dari harga beli maka anda dengan mudah menghitung dengan akurat total keuntungan dari penjualan pulsa elektrik Anda. Tetapi kendala yang paling besar dan paling sering kita temui dalam perhitungan harga beli ialah frekuensi perubahan harga beli pada dealer atau supplier H2H yang terlalu sering terjadi/berubah, sehingga dapat mengacaukan perhitungan penjualan kita dalam hari berjalan.

! Dalam prakteknya, banyak atau bahkan sebagian besar software server pulsa belum dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi harga beli dari format jawaban supplier H2H, lain hal nya dengan stok yang berasal dari dealer dimana harga belinya sudah pasti dan tidak akan berubah dalam satu kali pembelanjaan stok pulsa. Untuk itu bagi Anda yang mempunyai software yang tidak dilengkapi dengan kemampuan mendeteksi harga beli maka triknya ialah rajin-rajin untuk meng-update harga beli pulsa elektrik jika terjadi perubahan harga dari supplier H2H. Repotnya perubahan harga sering terjadi dalam sehari bahkan setiap terjadi perpindahan supplier dari satu H2H ke H2H lainnya maka harga beli harus dirubah, dan belum lagi jika pada satu supplier terdapat harga beli per regional sehingga memusingkan dalam penentuan harga beli pulsa elektrik. Berhubung software yang saya gunakan masih belum mendukung fitur ini maka mau tidak mau saya harus melakukan perhitungan manual harga beli ini.

[blockquote align=”right”]Varian Harga Beli Pulsa Elektrik Sangat Sering Berubah pada Supplier H2H[/blockquote] Cara yang bijaksana ialah dengan upping harga beli pada titik yang paling besar misal produk simpati 5.000 terdapat 4 varian harga yaitu 5.100 / 5.125 / 5.150 dan 5.175 maka jika ingin “Aman” set lah harga beli pulsa elektrik Anda pada harga 5.175. Mungkin cara ini sangat bijak, tetapi tentu tidak mengindahkan prinsip-prinsip akuntansi sehingga proyeksi perhitungan keuntungan Anda seolah-olah hilang aibat adanya penjualan pada 3 harga beli yang lain. Nah hal inilah yang menyebabkan perhitungan keuntungan penjualan pulsa elektrik pada server pulsa Anda menjadi tidak akurat.

Lalu bagaimana mencegahnya? Tentu banyak jalan menuju Roma. Jika di satu sisi Anda malas untuk meng-update harga beli pada setiap perubahan harga, maka Anda harus melakukan Rekonsiliasi Harga Beli Pulsa Elektrik setelah transaksi selesai dilaksanakan. Rekonsiliasi ini tidak hanya berguna sebagai penghitung harga modal, tetapi juga dapat dikembangkan sebagai alat kontrol keabsahan supplier H2H dalam melakukan pemotongan saldo deposit kita disana, sehingga tidak ada lagi supplier H2H nakal yang coba berani “bermain-main” dengan saldo deposit Anda pada servernya :).

Ada satu cara lagi yang mungkin kita dapat lakukan jika Anda malas dalam melakukan rekonsiliasi harga beli pulsa elektrik, yaitu tentu dengan meng-hire pegawai khusus / staf akuntansi untuk mengerjakan hal ini :). Jika ingin maju maka serahkan urusan pada ahlinya bukan?. Tetapi jika Anda ingin mengerjakan sendiri maka berikut akan coba saya jelaskan mengenai cara menghitung harga beli khususnya pada supplier H2H.

Seperti biasa pengujian perhitungan ini dilakukan pada kondisi sebagai berikut:
[list style=”list1″ color=”yellow”]

  • Perhitungan ini dilakukan dengan kondisi transaksi diatas 20.000 transaksi per hari.
  • Lakukan rekap transaksi perhari dengan memindahkan tabel transaksi dari software ke format Excel
  • Sistem komisi yang diterapkan ialah Komisi yang ditunda (dikumpulkan pada akun bonus terhubung dengan ID Reseller/ Tidak otomatis menambah saldo sebelum dilakukan penukaran komisi)
  • Tidak ada satupun server yang mengambil stok pada kami (Karena memang tidak pernah membuka H2H)
  • Semua transaksi dilakukan oleh Reseller murni (Dijelaskan di poin 4)
  • Pengambilan Stok saya asumsikan semuanya berasal dari H2H (Ini sangat penting mengingat asumsi saya semua transaksi berasal dari H2H, karena jika Pojok Pulsa transaksi dengan chip sendiri pun maka tidak dibebankan pada server utama)
  • Data yang saya gunakan pada perhitungan ini adalah hanya sekedar CONTOH SAJA dan bukan data server Pojok Pulsa sebenarnya.
  • Tidak ada tujuan lain selain dari berbagi informasi kepada para pemilik server mengenai pentingnya melakukan cek perhitungan software server pulsa secara berkala. Lebih bagus lagi setiap hari.
  • Metode yang saya gunakan hanya berdasarkan kemampuan saya dan pengalaman yang saya miliki jadi tidak bisa dijadikan patokan tapi boleh Anda gunakan pada server Anda.

[/list]

Berikut adalah screenshot dari contoh perhitungan harga beli pulsa elektrik:

rekon-harga-beli-pulsaSebagai contoh ialah jika stok Anda berasal dari supplier H2H (conoth ini misalnya: Supplier 1). Maka untuk mendapatkan data tersebut pada OtomaX (Software yang saya gunakan) ialah dengan cara seperti ini:

  • Buka Menu Database
  • Lalu Pilih Laporan
  • Kemudian Klik Tab “Stat Penjualan Produk”
  • Pilihlah supplier yang Anda ingin hitung harga belinya

Dari data tersebut Anda akan mendapatkan jumlah total pembelian setiap produk dari supplier tersebut, jika Anda rajin meng-update harga beli pada supplier tersebut maka hal ini cenderung TIDAK PERLU dilakukan, karena secara otomatis, OtomaX akan menampilkan jumlah pembelian Anda.

[notice]Jadi saya tekankan, jika Anda tidak ingin melakukan hal ini semua maka rajin-rajin lah update harga beli pada setiap parsing supplier jika terjadi perubahan harga beli pulsa, tentunya dengan tujuan memudahkan Anda dalam menghitung laba server pulsa.[/notice]

Oke mari kita lanjutkan

Nah setelah mendapatkan jumlahnya lalu Ambillah rekap transaksi ke supplier tersebut dari tabel transaksi dan ekspor ke format excel, dari excel pun sebenarnya bisa langsung dieksport dengan menghubungkannya pada database server jika Anda tahu caranya (akan dijelaskan kemudian).

Lalu langkah selanjutnya ialah lakukan cek manual terhadap dengan mengambil harga beli dari jawaban provider/supplier karena biasanya dan seharusnya supplier memberikan harga beli pada setiap jawaban Suksesnya. Setelah itu silakan Anda rekap seperti format gambar diatas. Dari gambar diatas dapat terlihat untuk produk pulsa A10 maka terdapat 2 harga beli berbeda yaitu 10.650 dan 10.700 nah inilah yang menyebabkan selisih pada transaksi pembelian Anda jika tidak dilakukan update harga beli. Perhitungan keuntungan pun menjadi sangat tidak akurat. Tetapi minimalnya dengan melakukan Rekonsiliasi Harga Beli Pulsa Elektrik maka perhitungan kita menjadi sedikit lebih akurat dari sebelumnya dan juga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari data diatas pun kita akan mendapatkan keuntungan sesungguhnya jika bertransaksi melalui pengambilan stok dari supplier tertentu. Dari gambar diatas dapat terlihat untuk 1.000 kali transaksi produk telkomsel pada supplier tersebut maka didapat keuntungan sebesar 117.050 yang artinya margin profit Anda ialah sekitar 100 rupiah.

rekon-harga-beli-pulsa-2Setelah itu lakukanlah rekap mutasi saldo deposit Anda pada server yang bersangkutan, dengan cara menjumlahkan Saldo Awal sebelum transaksi DITAMBAH Penambahan Saldo yang Anda Lakukan dan DIKURANG dengan Total Pembelian Anda ke supplier tersebut. Dari gambar diatas terlihat terdapat Saldo Akhir MINUS (-25.963) Pada perhitungan Manual dimana Supplier malah memberikan Saldo Akhir PLUS (16.587). Lho kok bisa begitu, berarti supplier kita software-nya salah hitung dong? Belum tentu juga karena ada faktor yang mempengaruhi, yaitu Refund Transaksi dari supplier yang bersangkutan.

Dari data diatas, kita mendapatkan kelebihan saldo sebesar 42.550 dimana sebenarnya Saldo tersebut berasal dari Transaksi kita pada tanggal sebelumnya yang telah DIBATALKAN oleh supplier, bukankah pembatalan transaksi akan menambah saldo deposit/stok kita disana. Jadi nantinya hal ini akan direkonsiliasi kembali dengan mencocokkan jumlah transaksi yang DIBATALKAN oleh supplier H2H.

Nah jika Anda ingin mencocokkan data, ada baiknya juga Anda meminta rekapan data transaksi dari supplier tersebut, karena minimalnya Anda telah memegang data perhitungan yang telah Anda lakukan. Tetapi jika Anda tidak melakukan hal ini, maka Anda tidak dapat melakukan apa-apa selain berdoa mudah-mudahan supplier yang kita ambil adalah supplier jujur dan amanah serta tidak pernah terjadi error pada perhitungan servernya 🙂 Amiiinnn, but this is Business So do job like you run the business, Am I right?.

rekon-harga-beli-pulsa-33Nah dengan melakukan hal diatas Anda dapat melihat keuntungan murni, beserta selisih yang dihasilkan jika Anda melakukan transaksi melalui supplier H2H, tetapi perlu diingat selisih tidak selalu harus MINUS karena gambar diatas menunjukkan total selisih yang terjadi ialah PLUS artinya ada transaksi yang DIBATALKAN oleh supplier pada hari berjalan, dimana Anda harus melakukan rekonsiliasi selisih tersebut. Besaran selisih juga dapat menentukan keputusan Anda apakah ingin melakukan rekon selisih atau tidak, untuk gambar diatas maka total selisih yang terjadi berbanding dengan keuntungan/profit penjualan pulsa elektrik ialah 3 persen.

Oke segitu dulu pembahasan mengenai Rekonsiliasi Harga Beli Pulsa Elektrik pada Server Pulsa. Lain waktu saya akan bahas penerapan harga beli dalam perhitungan COGS (Cost Of Goods Sold) dalam Akuntansi Server Pulsa. Jika ada hal kurang jelas dapat bertanya langsung melalui komentar atau YM.

Contoh File nya dapat di download Disini: Rekon Harga Beli Pulsa

As usual Questions and critics are warmly welcomed …

Pelajaran selanjutnya ialah Rekonsiliasi Deposit Pulsa Elektrik

Salam Hangat Pojok Pulsa

– kojop –