Pentingnya Rekonsiliasi Deposit Pada Server Pulsa

rekon-deposit-pulsaRekonsiliasi Deposit pulsa elektrik pada server pulsa yang Anda kelola merupakan salah satu bagian vital sistem administrasi yang harus (menjurus wajib) Anda lakukan. Mengapa? karena pada pos ini lah kerugian-kerugian server pulsa yang tidak kita perhitungkan dapat terjadi, bahkan pada situasi tertentu Anda tidak dapat mencegah terjadinya kerugian tersebut. Karena tingkat kepentingannya itulah maka Anda sebagai pengelola server pulsa sudah seharusnya melakukan rekonsiliasi deposit pulsa yang di-input pada server Anda sebagai Hutang yang akan Anda bayar di masa depan.

Seperti yang kita ketahui, Deposit merupakan salah satu Hutang terbesar yang dimiliki oleh Server Pulsa Elektrik. Pos hutang deposit seringkali mencaplok hampir 75% dari nilai kewajiban pada Laporan Posisi Keuangan (Neraca, Menurut Standar IFS sekarang disebut LPK). Jika demikian maka dipastikan hampir seluruh aset dan modal pada server pulsa elektrik Anda berasal dari Deposit Reseller yang merupakan Hutang Jangka Pendek dimana hutang harus dibayarkan dalam waktu dekat, bahkan hitungan jam!.

Dapat dibayangkan apa yang akan terjadi nanti jika pencatatan terhadap deposit pulsa pada server Anda tidak teratur dan tidak terpantau dengan baik. Tentu server pulsa akan banyak sekali mengalami kerugian-kerugian yang tidak Anda sadari sehingga banyak dari kita yang terpaksa menghentikan operasional usaha server pulsa karena tidak tahan dengan kerugian yang terus terjadi. Oleh karena itu yuk mari sama-sama kita belajar Rekonsiliasi Deposit pulsa agar dapat meminimalisir pos kerugian yang mungkin terjadi pada server Anda

Data Input Deposit

[blockquote align=”right”]Pos hutang deposit seringkali mencaplok hampir 75% dari nilai kewajiban[/blockquote]Deposit pulsa merupakan Hutang lancar (jangka Pendek) yang harus dibayarkan oleh server pulsa, oleh karena setiap terjadi pencatatan Hutang Deposit maka sudah seharusnya terjadi pencatatan Aset Lancar (Liquid Asset) agar Neraca Anda menjadi seimbang. Ada beberapa jenis Penambahan pada pos Aset Lancar yang mengakibatkan Hutang Deposit bertambah, mari coba kita bahas apa saja komponen penambah tersebut.

1. Kas Keras (Hard Cash/Uang Tunai)

Ya penerimaan Uang tunai yang ditujukan sebagai pembelian Deposit oleh Reseller kita adalah komponen Aset Lancar yang mengakibatkan bertambahnya Hutang Deposit. Oleh karena itu penambahan uang tunai pada server pulsa elektrik seringkali identik dengan penambahan hutang deposit pada server tersebut. Uang tunai sering dikelola oleh server yang menerapkan Sistem Deposit Cash (ada Uang ada Barang) dimana dalam bisnis apapun di industri apapun sistem ini adalah sistem terbaik, karena tidak ada aset yang mengendap ataupun terancam tidak tertagih (Doubtfull Account).

2. Kas Bank

Kas pada Bank merupakan salah satu bentuk Uang Tunai hanya berbeda tempat penyimpanannya saja. Oleh karena itu setiap ada penambahan Kas Bank (transfer) dengan tujuan menambah deposit, maka Kas Bank merupakan komponen Aset Lancar yang mengakibatkan bertambahnya Hutang Deposit. Sistem kas bank juga identik dengan Sistem Deposit Cash (ada Uang ada Barang).

3. Piutang

Piutang terjadi akibat pemberian deposit pulsa elektrik dengan Sistem Tunda Bayar. Ya kita semua tahu maksudnya Deposit dulu bayar belakangan :). Sistem ini banyak diterapkan oleh server-server pulsa elektrik pada saat ini karena makin ketatnya persaingan. Banyak dari mereka berhasil memboyong ratusan Reseller pada daerahnya dengan iming-iming sistem tempo. Tetapi tanpa ada sistem administrasi yang baik dari sisi server pulsa, maka dipastikan nafas usaha mereka tak bertahan lama, karena pemberian piutang merupakan salah satu ancaman terbesar terhadap kelangsungan usaha server pulsa. Yang lebih ekstrim lagi ialah pemberian deposit dengan sistem Senin-Kamis, yaitu pembayaran hanya dilakukan pada hari Senin dan Kamis ckckckck… sampe segitunya .. tanpa kontrol yang baik bisa-bisa usaha kita juga ikutan “Senin-Kamis” nantinya, lebih baik jangan ditiru :).

4. Deposit Dibayar Dimuka (Unearned Deposit)

Apa itu deposit dibayar dimuka? pada kejadian tertentu, secara akuntansi diperlukan akun Deposit dibayar dimuka sebagai konsistensi pencatatan atas aset dan kewajiban anda pada hari berjalan. Biar lebih jelas nanti akan coba saya jelaskan melalui contoh.

Rekonsiliasi Deposit via Bank

Oke setelah mengetahui komponen-komponen Penambah deposit, maka mari kita lanjut dengan cara rekonsiliasi deposit pulsa elektrik. Langkah pertama ialah cara menarik data dari Software pulsa, karena kebetulan software yang saya gunakan adalah OtomaX, maka cara yang akan saya tampilkan adalah cara software OtomaX, tetapi pada software yang lain saya yakin Anda semua pasti tahu caranya pada masing-masing software yang Anda gunakan.

Langkah pertama ialah mengambil data mutasi Input Deposit pada Tabel Mutasi OtomaX. buka tabel mutasi lalu centrang Deposit Manual dan Tiket. maka OtomaX akan menunjukkan data penambahan deposit reseller yang Anda lakukan pada tanggal berjalan (misal tanggal 10). Setelah itu jumlahkan total deposit yang ditambah dan Anda akan mendapatkan angka yang harus Anda rekonsiliasi.

Perlu kita ketahui dahulu, yaitu tujuan dari rekonsiliasi deposit pulsa ini ialah menyamakan / mencocokkan data antara Aset yang masuk dengan hutang yang diakui, apabila tidak terjadi keseimbangan maka dipastikan posisi keuangan server pulsa Anda sangat tidak bagus. yuk lanjut lagi, lalu langkah selanjutnya ialah menarik data mutasi Bank yang Anda gunakan dalam menampung pembelian deposit pada server pulsa, tentu biasanya pada internet banking Bank-Bank besar menyediakan menu cek mutasi, maka ambillah dari data tersebut.

Sebagai catatan jangan pernah ambil data mutasi Bank Anda melalui tiket, karena data tiket tidak reliable untuk digunakan sebagi data rekon terhadap penambahan deposit. Tiket pada software walaupun sebenarnya berasal dari mutasi Bank juga, tapi tidak mencerminkan keadaan sebenarnya setelah kejadian, sebagai contoh sering kita menemukan data Bank yang berbeda dengan tiket, baik itu kolom debit ataupun kredit, bahkan yang lebih tidak masuk akal ialah data Bank dapat Berubah setelah software menarik mutasi untuk keperluan tiket deposit, nah hal inilah yang ingin kita cegah agar tidak terjadi kerancuan pada hasil rekonsiliasi Anda, jadi lebih baik gunakan data yang berasal dari bank langsung saja. Walaupun acak-acakan, coba rapihkan data tersebut pada excel pada kolom debit dan kreditnya agar mudah dibaca.

Langkah selanjutnya ialah menyandingkan Data Bank dan Data Penambahan Deposit, cocokkanlah (rekonsiliasi) data terinput dengan uang yang masuk pada Bank Anda, jika terjadi selisih lebih pada kolom deposit maka yang perlu kita cek adalah apakah ada nominal tersebut pada mutasi bank hari-hari sebelumnya dimana nominal tersebut belum terinput pada server Anda (Inilah yang disebut dengan Deposit Dibayar Dimuka), tetapi jiak tidak ada Deposit dibayar dimuka maka dipastikan Server Anda melakukan kelebihan input deposit terhadap Uang yang masuk pada Bank.

rekon-deposit-pulsa-elektrik

Buatlah tabel sepertiĀ  gambar diatas, lalu langkah selanjutnya ialah cocokkanlah data antara Penambahan Deposit yang berasal dari software server pulsa dan Data Mutasi Kredit dari Bank (Contoh menggunakan Bank Mandiri).

Contoh Selisih Pada Penambahan Deposit Pulsa Elektrik

Di bawah ini akan coba saya berikan contoh selisih yang terjadi saat dilakukannya proses rekonsiliasi deposit pulsa elektrik.

rekon-deposit-pulsa-elektrik-2

Dari data yang berasal dari software, pada jam 19:36 terjadi penambahan deposit sebesar Rp. 111.111, tetapi pada Bank Mandiri tidak ditemukan mutasi dengan nominal yang sama dengan deposit terinput. Seperti yang saya jelaskan di atas, maka kita harus melakukan pengecekan apakah terdapat mutasi kredit pada Bank Mandiri yang belum di-input ke saldo reseller pada tanggal sebelumnya (Deposit Dibayar Dimuka). Dari gambar di atas terlihat keterangan Deposit – Mandiri 2902 VALID, keterangan itu menjelaskan bahwa untuk deposit sebesar Rp. 111.111 terdapat mutasi kredit pada Bank Mandiri yang masuk ke rekening server pada tanggal 29 Februari dan baru dilakukan penambahan deposit pada tanggal 1 Maret sehingga dapat disimpulkan bahwa deposit tersebut (111.111) tidak menyebabkan kerugian pada server, karena Uang Tunai melalui transfer Bank telah diterima lebih dahulu sebelum deposit ditambah inilah konsep terjadinya akun Deposit Dibayar Dimuka (kredit).

Hasil Rekon Deposit

hasil-rekon-deposit-pulsaDari gambar diatas didapatkan hasil rekonsiliasi deposit pulsa elektrik pada server Anda dimana tidak terjadi selisih penambahan saldo pada tanggal berjalan, selisih disini bukan tidak terjadi perbedaan, tetapi perbedaan tersebut dapat ditelusuri dan divalidasi sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi.

Mudah-mudahan bahasan ini bermanfaat bagi Anda. Seperti biasa, kritik dan pertanyaan sangat kami hargai.

Untuk download contoh file bisa Di Sini : Rekon Deposit Pulsa Elektrik (Contoh Hanya Bank Mandiri)

Lain waktu kita lanjutkan dengan Rekonsiliasi Mutasi Debit Bank dengan Saldo Supplier

Salam Hangat Pojok Pulsa

– kojop –