Push Email Blackberry Terhenti

Tak hanya di Indonesia, layanan push email BlackBerry juga dilaporkan tumbang di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.Layanan email BlackBerry sejak pagi tadi dilaporkan tengah mengalami gangguan. Sejumlah operator seperti XL Axiata, Indosat dan Axis pun mengakui sedang ada masalah pada jaringan Research In Motion (RIM).

push email blackberryNamun ternyata, layanan tersebut juga terjadi di Singapura dan Malaysia. Seperti yang sedang diperbincangkan pada forum Crackberry , Jumat (30/3/2012).

“Email sama sekali tidak bisa digunakan, tidak bisa menerima atau mengirim. Bahkan setup email pun tidak bisa,” kata salah satu member asal Malaysia dengan nickname Sampride.

Senada dengan Sampride, Petra74 salah satu anggota forum Crackberry asal Singapura pun mengakui hal yang sama. Ia mengatakan bahwa sudah mencoba di semua operator di Negeri Singa, namun semuanya tetap tidak bisa.

Hingga kini belum ada tanggapan resmi dari RIM soal gangguan tersebut.

Kominfo Desak RIM Perbaiki Layanannya

Pada kesempatan ini, kami minta agar RIM turut bertanggungjawab untuk memperbaiki masalah tersebut. Operator mengaku sudah optimal, mereka minta RIM diingatkan,” kata Gatot S Dewabroto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo .

Terlebih lagi layanan email dinilai sangat dibutuhkan oleh beberapa pihak seperti pebisnis atau wartawan yang perlu menulis dan mengirim laporan lengkap secara cepat. Apalagi hari ini terjadi sejumlah peristiwa penting di Tanah Air, seperti demo kenaikan harga bahan bakar minyak yang sedang diikuti perkembangannya.

“Kita mengharapkan segera di-recovery dulu push email karena di Indonesia teman media lagi butuh untuk laporan sesegera mungkin,” imbuh Gatot.

Masalah di layanan push email BlackBerry diakui pihak operator seluler. Namun mereka mengaku bahwa masalah ini bukan terjadi di jaringan operator, melainkan di sistem milik Research In Motion (RIM), pembesut BlackBerry.

Sebelumnya dilaporkan, layanan push email BlackBerry tumbang sejak pagi tadi. Banyak pengguna ponsel pintar tersebut yang mengeluh tidak bisa mengirim dan menerima email di handset mereka. Namun jika via PC atau browser di BlackBerry, layanan email yang dimaksud bisa diakses.

Perbaikan Push Email BlackBerry Butuh 4 Jam

X Masalah di layanan push email BlackBerry dilaporkan operator bakal terjadi dalam waktu cukup lama. Bahkan butuh waktu hingga 4 jam untuk sampai kembali normal.

Head of Corporate Communication Axis Anita Avianty menyatakan bahwa dari info yang didapat pihak operator dari Research In Motion (RIM), waktu untuk perbaikan masalah di push email BlackBerry diperkirakan sampai 4 jam.

“Axis pun sedang berkoordinasi dengan pihak RIM untuk mendapatkan informasi rinci sehingga dapat melakukan perbaikan secepatnya,”.

Hal serupa juga disampaikan VP Corporate Communication XL Axiata Turina Farouk. “Sekarang masih ada problem dan estimasi untuk back to normal sekitar 4 jam,” tukasnya.

Setelah kurun waktu tersebut, pengguna pun diimbau Turina untuk melakukan reset terhadap perangkat BlackBerry dengan cara mematikan dan mencopot baterai. Sayang tidak dijelaskan secara detail mulai jam berapa masalah ini terjadi, sehingga estimasi waktu penyelesaian masalah ini pun sulit diprediksi.

Sebelumnya dilaporkan, layanan push email BlackBerry tumbang sejak pagi tadi. Banyak pengguna ponsel pintar tersebut yang mengeluh tidak bisa mengirim dan menerima email di handset mereka. Namun jika via PC atau browser di BlackBerry, layanan email yang dimaksud bisa diakses.

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak RIM.