Produsen komputer dari Taiwan, VIA Technologies, mengumumkan komputer terbaru mereka yang disebut Android PC (APC) seharga 49 dolar Amerika (sekitar Rp456 ribu).

“Produk kami akan membuka pasar dan aplikasi-aplikasi baru yang menarik,” kata Wakil Presiden Pemasaran VIA Technologies, Richard Brown, dalam pengumuman resminya.

Komputer personal (PC) berbasis Android 2.3 itu didukung prosesor VIA WonderMedia ARM 11 800MHz dan kartu memori DDR3 512 megabyte (MB).

Sistem APC juga mendukung konektivitas keyboard, tetikus (mouse), dan monitor atau televisi dengan sejumlah slot seperti high definition multimedia interface (HDMI), kartu grafis (VGA), empat USB 2.0, dan microSD.

“Mirip sepeda untuk pikiran Anda, APC memungkinkan eksplorasi dalam jaringan (online) baru bagi para pengguna,” kata Brown.

Papan induk (motherboard) APC menggunakan Neo-ITX berdimensi 170 x 85 milimeter yang dapat dipasang pada kerangka Mini-ITX atau microATX.

Konsumsi listrik maksimal produk yang mulai didistribusikan Juli 2012 itu sebesar 13,5 watt dan 4 watt jika komputer dalam keadaan non-aktif (idle).

“Konsumsi itu sepuluh kali lebih rendah dibanding komputer pada umumnya dan memastikan hemat listrik dalam penggunaan berskala besar,” sebut pengumuman resmi itu.

Sumber: Antara