Nokia sudah secara resmi memutuskan kerjasama dengan Meego, salah satu OS yang dipakai di ponselnya. Otomatis, Nokia hanya melaju dengan OS Windows Phone.

Setelah mengurangi porsi ponsel dengan OS Symbian, secara mengejutkan tim OS Meego secara ramai-ramai mengundurkan diri. Bahkan, bos dari tim Meego Sotiris Makrygiannis juga menyatakan putus hubungan dengan vendor asal Finlandia tersebut.

Makrygiannis sebelumnya menjabat sebagai Head of Development untuk MeeGo dan bekerja di Nokia selama 12 tahun. Di bawah kepemimpinannya, Makrygiannis bersama tim pernah menghasilkan ponsel Nokia dengan OS Meego seperti N770, N800, N810, N900, N950 dan juga N9.

CEO Nokia Stephen Elop telah menjelaskan semenjak perusahaannya fokus kerjasama dengan Microsoft untuk membesut ponsel Windows Phone, maka Nokia pun secara perlahan meninggalkan OS yang lain, termasuk Meego.

Namun usaha Makrygiannis pun patut diacungi jempol. Hal itu disebabkan desain ponsel N9 yang dibuat oleh Makrygiannis dan tim turut mempengaruhi desain ponsel Nokia Lumia.

Makrygiannis juga tercatat mampu memberikan tiga kali update OS selama 9 bulan setelah ponsel Nokia dirilis.

Dengan Makrygiannis mundur, maka masa depan Meego di Nokia juga semakin tidak jelas. Harapannya, vendor lain akan kembali merilis ponsel dengan OS Meego tersebut.

Intel dan Samsung dikabarkan juga akan merilis perangkat dengan operasi OS yang mirip dengan Meego, yaitu Tizen. Harapannya, OS tersebut akan lebih baik daripada N9 yang memakai Meego.

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2012/07/08/13505395/Nokia.Putus.Hubungan.Dengan.Meego