Salah satu pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, terlempar dari dafar 10 orang terkaya dunia dalam bidang teknologi atau “the world’s 10 richest technology billionaires”. Kekayaan pemuda berusia 28 tahun itu tergerus akibat penurunan nilai saham Facebook.

facebook Bloomberg melaporkan, kekayaaan Zuckerberg turun 423 juta dollar AS, Kamis (3/8/2012) waktu setempat, karena saham perusahaan social media terbesar di dunia itu turun empat persen menjadi 20,04 dollar AS di New York. Nilai saham itu merupakan rekor terendah saham Facebook.

Kekayaan Zuckerberg saat ini “tinggal” 10,2 miliar dollar AS.

Nilai kekayaannya kira-kira 400 juta dolar di bawah James Goodnight, co-founder Cary, pembuat software SAS yang bermarkas di Carolina Utara, Amerika Serikat. Goodnight di posisi nomor 10 menurut Bloomberg Billionaires Index.

Saham Facebook telah meluncur ke bawah senilai 47 persen sejak peluncuran saham perdana dengan nilai 38 dollar AS per saham.

Kekayaan Zuckerberg berasal dari kepemilikan 503.6 juta lembar saham Facebook. Anak muda itu memiliki kekayaan lain berupa 150 juta dlolar dalam bentuh tunai  dan aset likuid lainnya.

Bila bisnis Facebook sedang turun, tidak demikian dengan Goodnight. Kakek berusia 69 tahun ini memiliki perusahaan pembuat software terbesar di dunia yang memperoleh pendapatan 2,7 miliar dolar, naik 12 persen dibanding tahun lalu.

Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, tetap menjadi orang terkaya dengan kekayaan bersih sekitar 61,6 miliar dollar AS.

Sumber: Kompas