Ketika Bisnis Tak Lagi Manis, Dilema seperti ini sering dialami oleh para pebisnis dan wirausahawan khususnya UKM (Usaha Kecil Menengah) seperti saya ini. Layaknya kehidupan kita, bisnispun seperti roda yang berputar, kadang berada di atas dengan banjirnya order, kadang berada di bawah dengan sepinya orderan ūüėÄ karena satu yang pasti yaitu sebaik apapun kamu mengelola bisnis pasti terdapat halangan, rintangan, cobaan dan semua temen-temennya itu yang menghadang perjalanan bisnis kamu.

Sebagai seorang wanita, tentu saya masih banyak mengambil keputusan berdasarkan emosi dan perasaan dimana semua itu kadang justru mengalahkan logika berpikir. Berikut beberapa tips untuk kamu, jika bisnis yang kamu jalani sedang dalam keadaan meluncur ke bawah.

Jangan Menyerah !

bisnis pulsa elektrikJika terdapat banyak halangan, jangan terburu-buru untuk menyerah dengan keadaan. Susun kembali prioritas kamu, mulai dari yang terpenting dan telitilah apa saja sih target bisnis kita sebenarnya, pelajari dan pahami. Kembalilah ke masa-masa awal saat kamu memulai untuk menjalankan bisnis ini, dan pastikan tiada hal yang terlewat. Hal kecil yang terlewatkan kadang membawa bisnis kita menuju kehancuran. Sebagai pebisnis server pulsa elektrik, maka saat bisnis pulsa elektrik ini mengalami penurunan yang signifikan maka saya akan meneliti penyebabnya, apakah itu dikarenakan harga yang naik, stok yang susah, pengisian pulsa yang lambat, atau server pulsa kita yang terlalu sering error. Nah jika sudah ditemukan masalahnya, maka fokuslah pada SOLUSI jangan berfokus pada MASALAH, atau kamu akan terus berkutat dengan masalah sehingga bisnis yang kamu jalankan terus menurun.

[divider]

Introspeksi Diri

Sebagai pemimpin usaha kamu harus sering melakukan inrospeksi diri, apakah kamu orang dengan tipe yang sangat percaya pada karyawan tanpa mau terlibat mengelola bisnis? Jika iya maka hal itu harus segera dirubah secepat mungkin, karena sering terjadi kehancuran bisnis adalah saat dimana seorang pemilik hanya bisa menjadi pemodal saja dan enggan untuk terjun langsung dan memahami seluk beluk industri bisnis yang dijalankan.

Misalnya saya pebisnis pulsa, maka saya perlu tahu ada update terkini apa yang terjadi saat ini di dunia penjualan pulsa elektrik, seperti kejadian hard cluster dan lain-lainnya. Setelah mempunyai banyak bekal jadi kita dapat mengikuti tren pasar pulsa yang dinamis dan sering berubah-rubah. Kuasai market demand, apa saja produk pulsa yang paling laris saat ini, cukupi stoknya sehingga konsumen kamu akan senang. Jangan lupa juga lakukan inovasi dan promosi juga asah terus kemampuan kamu. Dan bila kamu juga seorang Ibu Rumah Tangga seperti saya maka bagilah waktu dengan baik.

[divider]

Review Bisnis

Melakukan review atau peninjauan ulang terhadap manajemen bisnis sangatlah penting dilakukan. Apalagi jika sudah lama kamu lalai melakukannya, atau mempercayakan begitu saja pada pegawai yang kamu andalkan. Mulailah melakukan review awal dan mencari sumber permasalahan dari turunnya usaha yang kamu rintis.

Apakah konsumen sudah tidak puas terhadap layanan jasa di server pulsa, ataukah kualitas dari layanan yang kamu berikan sudah tidak baik, dan apakah usaha pulsa elektrik kamu tidak melakukan inovasi dan terbosan baru seiring berkembangnya permintaan pasar ‚Äď sehingga pasar pun meninggalkan layanan kamu karena dinilai terlalu ketinggalan zaman.

Tidak saja berhenti sampai di situ. Jika ternyata semua telah sesuai kamu lakukan, namun tetap terjadi kebocoran di dana operasional usaha kamu, maka mulailah mempertanyakan kesetiaan setiap pegawai andalan kamu. Apakah ada di internal yang melakukan korupsi, atau penggelapan, serta menyalahgunakan kepercayaan yang telah kamu berikan? Nah, cobalah segera lakukan tahap demi tahap secara sabar namun cepat. Setelah menemukan inti permasalahannya, segeralah bertindak!

[divider]

Bertindak

Bertindaklah sesuai dengan yang diperlukan. Jika kamu telah temukan inti dari permasalah yang dihadapi oleh bisnis kamu, maka jangan tunda lagi untuk mengambil langkah cepat guna perbaikan. Bila pegawai internal kamu yang bermasalah, entah itu penggelapan uang, tidak memberikan service secara prima sehingga konsumen mengeluh, hingga produk yang ketinggalan zaman. Rumuskanlah strategi baru bagi bisnis kamu ke depan.

Buatlah kembali inovasi dan promosi yang akan memancing konsumen tertarik dan kembali kepada kamu. Ubahlah susunan organisasi internal kamu. Bila kamu merampingkan jumlah pegawai, pilihlah pegawai yang memiliki visi misi sama seperti kamu, yakni bersama memajukan bisnis yang dikelola. Untuk itu pun diperlukan kebijaksanaan dari kamu sebagai pemilik untuk turut serta juga memerhatikan kesejahteraan semua pegawai kamu yang telah sama-sama merintis membantu usaha kamu bangkit kembali. Janganlah lupa diri.

[divider]

Prioritas itu penting

Dalam hal bisnis, perputaran uang sangatlah penting dan menjadi poros keberlangsungan usaha kamu. Oleh karenanya, bila usaha kamu mulai mengalami penurunan segeralah merekap semua hal yang berhubungan dengan perputaran uang tersebut. Terutama yang berkaitan dengan biaya operasional, dimana kamu wajib membayar semua gaji, tagihan listrik, tagihan telepon, transportasi termasuk pembelian bahan-bahan dasar guna keperluan pembuatan produk kamu. Jika sudah demikian, buatlah prioritas, mana dana yang musti dipangkas, mana dana yang harus dipertahankan agar tetap berputar.
[divider]

Prospecting

Susunlah rencana untuk melakukan ‚Äėprospecting‚Äô atau target sasaran dari bisnis kamu. Buatlah klasifikasi dari target kamu, dan kenalilah siapa pasar yang akan¬†kamu prospect tersebut. Misalnya, saja, review -lah harga jual kamu, sesuaikan dengan pasar terkini atau sesuai dengan target konsumen yang berada di sekitar usaha kamu.

Rancanglah paket-paket promosi yang akan menarik target tersebut dengan harga cantik yang kompetitif. Tentunya tidak luput dari kualitas produk yang tetap dipertahankan. Buatlah brosur, spanduk baru yang lebih fresh dengan tampilan baru menarik termasuk dengan promosinya yang menarik.

[divider]

Gunakan Alat Promosi

Di era social media yang sedang booming saat ini, jangan sampai kamu ketinggalan. Pakailah kemajuan ini sebagai salah satu alat untuk memajukan bisnis kamu. Selain melakukan promosi secara tradisional, lakukanlah dengan social media. Buatlah website kamu menjadi alat yang memudahkan konsumen mengenal bisnis kamu walaupun berada di kota berbeda.

Sehingga mereka bisa saja dapat melakukan order, alhasil bisnis kamu akan mulai merangkak kembali naik. Selain itu, bisa lewat Facebook dan Twitter. Update -lah produk-produk kamu dan lakukan soft selling dengan menggunakan media tersebut. Ingat, jangan sampai strategi marketing yang kamu lakukan justru membuat calon konsumen terganggu dengan promosi produk atau jasa kamu secara bertubi-tubi. Lakukan dengan elegan, tentunya.

Networking

Binalah kerjasama dengan sesama teman pebisnis lainnya. Bertukar pikir atau berdiskusi dengan mereka akan sangat membantu, lho. Karena, kamu akan mendapatkan input-input tambahan guna memajukan kembali bisnis kamu yang tengah terpuruk. Ikutilah seminar-seminar bisnis, dan jalinlah hubungan profesional dengan sesama pebisnis. Selain itu bisa juga kamu bergabung dengan asosiasi perkumpulan pebisnis. Dimana setiap saat kamu akan dibantu pemikiran dan solusi dari setiap tantangan dan rintangan dari mengelola sebuah bisnis.

Mungkin itulah sedikit tips dan trik, yang mungkin dapat membantu kamu mempertahankan bisnis kamu. Selamat Mencoba

Salam Hangat Pojok Pulsa