ENERGI merupakan salah satu unsur yang membantu tubuh bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Karena itu, Anda harus menjaga asupan makanan agar bisa menjaga kestabilan energi.
Berikut solusi alami yang terdapat di dapur untuk meningkatkan energi Anda, seperti dilansir Reader’s Digest.

Kontrol asupan kopi

Minum secangkir kopi setiap hari memang baik, tapi lebih dari satu tentu tidak baik. Penelitian menarik dari Brigham and Women’s Hospital, Harvard Medical School dan lembaga lain menemukan, kafein dosis rendah (sejumlah seperempat cangkir kopi) lebih efektif daripada dosis kafein yang lebih besar jika ini tetap terjaga.

Minum teh

Satu penelitian menemukan, minum teh sepanjang hari meningkatkan kewaspadaan dan kinerja sama seperti minum kopi tapi tanpa membuat jam tidur terganggu.

Kombinasikan protein dengan karbohidrat

Makanan ringan yang mencakup satu sampai dua ons protein dengan beberapa karbohidrat kompleks memberi Anda dorongan energi. Contohnya, ikan salmon atau tuna dengan snack gandum, sekotak kecil kismis, atau cranberry kering dengan segenggam kacang, segenggam trail mix (kacang-kacangan dan varietas buah kering), atau roti gandum panggang dan selai kacang.

Soda

Segelas atau dua gelas soda dingin segar dengan irisan jeruk nipis atau lemon bisa membangkit energi bertenaga ganda. Kelelahan seringkali merupakan sinyal dehidrasi. Karena itu, beberapa gelas air dapat mengembalikan energi Anda. Terlebih lagi, aroma lemon atau jeruk nipis membuat Anda merasa terjaga dan segar. Plus minuman es membuat Anda tetap terjaga.

Minumlah sesuatu yang pahit

Obat tradisional seperti jamu dapat meningkatkan sistem pencernaan, bahkan mungkin menambah nutrisi tubuh. Minuman pahit seperti jamu atau air dari sayur pahit dapat membuat Anda tetap melek dan segar.

Konsumsi zat besi

Jika Anda terus-menerus merasa lelah meski sudah tidur cukup, mungkin Anda terkena anemia yang disebabkan kekurangan zat besi. Zat besi sangat penting untuk menghasilkan hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh Anda guna menghasilkan energi.

Jika kekurangan zat besi Anda akan memiliki masalah maag atau perdarahan internal. Konsumsi zat besi 18 miligram per hari jika Anda seorang nonvegetarian dan wanita yang sedang menstruasi.

Pria nonvegetarian dan wanita pasca-menopause membutuhkan 8 miligram sehari. Hati merupakan sumber zat besi terbaik, selain itu ada juga kacang merah, kacang panggang, roti gandum, bayam, dan aprikot kering.

Untuk meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi bagi Anda yang vegetarian, konsumsilah sumber vitamin C, seperti tomat, jeruk mandarin, atau segelas jus jeruk. Namun, patut diingat zat besi yang berasal dari hewani lebih mudah diserap tubuh dibandingkan zat besi dari nabati.

Kunyah permen karet peppermint atau spearmint

Dengan mengunyah permen karet Anda akan mendapatkan sedikit energi dari rasa dan aroma menyegarkan dan manfaat lain dari kegiatan mengunyah permen karet itu sendiri.

Makan semangkuk sereal bubuk

Semangkuk sereal bubuk mengandung 792 miligram fosfor, mineral penting yang diperlukan tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, lemak, dan protein sehingga dapat digunakan sebagai energi.

Sarapan dengan makanan berserat tinggi

Satu studi menemukan, orang yang memulai pagi mereka dengan makanan tinggi serat lebih siaga sepanjang pagi karena kadar gula darah tetap stabil. Tambahkan juga protein ketika sarapan dan jam makan lainnya.

Pilihan sarapan yang baik meliputi gandum roti bakar dengan satu sendok makan selai kacang dan beberapa buah kering, semangkuk sereal berserat tinggi dengan susu, atau semangkuk oatmeal ditaburi dengan dua sendok makan biji rami dan ½ sendok teh kayu manis.

Minuman koktail

Coba minum segelas kecil jus cranberry dingin ditambah dengan air jeruk nipis segar.

Meredakan kelelahan

Latihan atau olahraga, dan stres yang ekstrem dapat meningkatkan asam laktat di dalam tubuh yang menyebabkan kelelahan. Asam amino, kalium, dan enzim yang terkandung dalam cuka sari apel dapat menangkal atau meredakan kelelahan. Lain kali jika Anda merasa lelah, tambahkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel dalam segelas minuman dingin.

Minumlah sesuatu yang manis

Obat lama untuk mengatasi kelelahan ialah molase atau sirup gula karena mengandung zat besi yang bisa melawan anemia. Jika lelah, cobalah campurkan satu sendok makan ke dalam satu cangkir air panas.

Sumber: Okezone