Oke, setelah kita belajar melakukan Jurnal Deposit, maka langkah selanjutnya ialah membuat jurnal deposit unearned (jurnal deposit dibayar dimuka). Apa itu jurnal deposit unearned? Jurnal deposit unearned digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang ditujukan untuk deposit tetapi deposit tersebut belum ditambahkan ke saldo akun reseller yang bersangkutan.

Misal sebagai contoh:

Jagat Cell telah melakukan transfer uang ke rekening Bank ke server pulsa kita yang ditujukan untuk pembelian deposit pulsa elektrik. Karena Jagat Cell tidak memakai tiket, maka deposit harus dilakukan manual berdasarkan INFO dari Jagat Cell. Tetapi Jagat Cell karena suatu dan lain hal ternyata lupa memberikan INFO ke server pulsa kita, sehingga uang Jagat Cell sudah kita terima pada Bank tetapi saldo Jagat Cell belum kita input.

Dari sisi akuntansi dapat disimpulkan terdapat kelebihan aktiva pada neraca kita , sehingga harus diakomodir dengan akun tertentu agar keseimbangan neraca tetap terjaga. Oleh karena itu dibuatlah akun Jurnal Deposit Unearned untuk mengakomodir hal tersebut.

Cara Membuat Jurnal Deposit Unearned

Berikut contoh jurnal deposit unearned :

[styled_table]

Nama Akun Debit Nama Akun Kredit Debit Kredit
Kas Rp. 0
Kas BCA Rp. 100.236
Kas Mandiri Rp. 400.554
Kas BNI Rp. 50.876
Kas BRI Rp. 0
Hutang Deposit Unearned
Rp. 551.666
Contoh Jurnal Deposit Unearned (Dibayar dimuka) Pada Server Pulsa

[/styled_table]

Dari contoh diatas dapat terlihat bahwa kita telah mengakui bahwa terdapat kewajiban yang bertambah (hutang deposit unearned) atas akibat bertambahnya aktiva kita (kas bank).

Penjelasan Akun-Akun Pada Jurnal Deposit Unearned

  1. Kas, akun kas dicatat pada jurnal deposit pada setiap pembelian deposit yang dilakukan dengan menerima uang tunai (kas keras/hard cash)
  2. Kas Bank, Kas yang diterima pada Bank baik itu BCA, MANDIRI, BNI dan BRI serta Bank lainnya yang Anda gunakan untuk menerima pembelian deposit dari Reseller pulsa elektrik Anda
  3. Hutang Deposit Dibayar Dimuka, ialah akun dimana terdapat uang tunai/transfer rekening yang sudah Anda terima tetapi belum di-input/dikonversi menjadi Deposit Reseller (Deposit belum input)

Seperti itu garis besar dari pembuatan jurnal deposit dibayar di muka pada server pulsa elektrik anda.

Semoga bermanfaat

Salam Hangat Pojok Pulsa

– kojop –