server pojok pulsaJurnal

Mari kita lanjutkan pembahasan akuntansi server pulsa elektrik dengan membahas pembuatan Jurnal Deposit Pulsa Elektrik. Sebelum ke pembahasan, mari kita cari tahu dulu apa itu arti dari Jurnal. Jurnal ialah semua transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis dan bertujuan untuk pendataan, termasuk di dalamnya jumlah transaksi, nama-nama transaksi baik mempengaruhi atau dipengaruhi, dan waktu transaksi berjalan.

Dalam kata lain jurnal adalah catatan setiap kejadian transaksi keuangan yang terjadi pada suatu perusahaan. Server pulsa juga sebuah usaha bukan? maka diperlukan juga penjurnalan untuk setiap transaksi keuangannya.

Jurnal Deposit Dalam Server Pulsa

Jurnal pertama yanng kan kita bahas ialah Jurnal Deposit. Karena jurnal ini akan mengawali setiap transaksi penjualan yang akan terjadi pada server Anda dan posisi jurnal ini sangat penting dalam menghitung dan “mengawal” pemotongan deposit pulsa elektrik oleh software server pulsa Anda.

Berikut contoh Jurnal Deposit pada server pulsa :

[styled_table]

Nama Akun Debit Nama Akun Kredit Debit Kredit
Kas  Rp.                 0
Piutang Deposit  Rp.   75.100.000
Kas BCA  Rp.   89.648.987
Kas Mandiri  Rp.   80.983.939
Kas BNI  Rp.   46.120.388
Kas BRI  Rp.   21.549.796
Hutang Deposit Dibayar Dimuka  Rp.       300.015
Beban Sender dan Bonus  Rp.       371.000
Deposit Adjutment  RP.                 0
Hutang Deposit  Rp.   314.074.125
Contoh Jurnal Deposit Pada Server Pulsa

[/styled_table]

Dari contoh di atas terlihat bahwa Penambahan pada Akun Aktiva (bertambah di sisi debit) menyebabkan bertambahnya juga Akun Hutang (bertambah di sisi kredit) sehingga selalu terjadi keseimbangan dalam pencatatan akuntansi.

Penjelasan Akun-Akun Pada Jurnal Deposit

  1. Kas, akun kas dicatat pada jurnal deposit pada setiap pembelian deposit yang dilakukan dengan menerima uang tunai (kas keras/hard cash)
  2. Piutang Deposit, akun piutang deposit dicatat apabila terdapat pembeian deposit pada server yang dilakukan dengan memberikan deposit terlebih dahulu untuk kemudian ditagih (Memberikan hutang/tempo kepada Reseller)
  3. Kas Bank, Kas yang diterima pada Bank baik itu BCA, MANDIRI, BNI dan BRI serta Bank lainnya yang Anda gunakan untuk menerima pembelian deposit dari Reseller pulsa elektrik Anda
  4. Hutang Deposit Dibayar Dimuka, ialah akun dimana terdapat uang tunai/transfer rekening yang sudah Anda terima tetapi belum di-input/dikonversi menjadi Deposit Reseller (Deposit belum input)
  5. Beban Sender dan bonus, Akun ini ada jika Anda melakukan pengisian pulsa SMS Center atau pulsa SMS Sender menggunakan Akun yang dikhususkan untuk melakukan pengisian pulsa ke 2 item tersebut
  6. Deposit Adjutment, penyesuaian terhadap penambahan/pengurangan pada Saldo deposit reseller Anda yang dapat mengakibatkan terjadinya pendapatan lain-lain atau beban lain-lain

Nah itulah kira-kira contoh kecil dari Jurnal Deposit yang bisa Anda catat pada pembukuan server pulsa Anda. Setelah mencatat pada jurnal tentu kita juga harus melakukan posting ke Buku Besar (Akan kita bahas kemudian) untuk mengakumulasikan saldo pada tia-tiap akun yang dicatat pada Jurnal.

Dengan adanya pencatatan pada setiap transaksi keuangan Anda, maka diharapkan nanti usaha Anda menjadi lebih berkembang, membantu pengelola/pemilik server untuk membuat keputusan-keputusan keuangan, dan menjadikan usaha Anda lebih dapat diprediksi baik keberlangsungan maupun kekuatannya dalam menghadapi setiap tantangan dalam bisnis pulsa elektrik.

Salam Hangat Pojok Pulsa

– kojop –