Samsung berhasil mengungkap penyebab terbakarnya Galaxy S III yang terjadi di Dublin, Irlandia, bulan lalu. Samsung menyatakan tidak bertanggung jawab atas kerusakan tersebut karena penyebabnya adalah “sumber energi eksternal yang menghasilkan panas”.

Dylan Kershaw, pemilik Galaxy S III yang terbakar, sebelumnya berkisah di sebuah situs web forum bahwa smartphone itu ia letakkan di dock mobil ketika ia sedang mengemudi. Posisi Galaxy S III tidak sedang mengisi daya baterai. Tiba-tiba ada suara ledakan dan percikan api.

Namun, hasil penyelidikan Samsung dan Fire Investigations dari Inggris tidak menyatakan demikian. Galaxy S III itu terbakar karena kesalahan pengguna.

“Satu-satunya cara yang menghasilkan kerusakan seperti ini adalah dengan meletakkan smartphone ke dalam microwave,” tulis Samsung dalam blog resminya.

Setelah Samsung mengeluarkan hasil investigasi, si pemilik Galaxy S III itu akhirnya mencabut penyataan yang ia tulis sebelumnya di forum milis. “Kerusakan pada smartphone itu sebenarnya disebabkan oleh orang lain,” katanya. Kershaw menceritakan bahwa Galaxy S III itu terendam air dan temannya berusaha mengeringkan dengan cara dimasukkan ke microwave.

“Kerusakan terjadi karena energi eksternal panas yang kuat. Tidak ada yang salah dengan smartphone itu, ini bukan tindakan yang disengaja, tapi kesalahan bodoh,” tulis Kershaw.

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2012/07/10/07091383/Ini.Dia.Penyebab.Galaxy.S.III.Terbakar