Sebuah sekolah di Vietnam memberikan skors selama satu tahun kepada salah satu siswanya, gara-gara postingannya di akun Facebook.

Hina Pahlawan di Facebook, Siswi Vietnam Diskors Setahun

Siswa perempuan kelas delapan atau setara dengan kelas dua SMP tersebut, memposting cerita parodi berdasarkan pidato yang dibuat pemimpin revolusi Vietnam Ho Chi Minh.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (8/1), media milik pemerintah mengatakan postingan pelajar itu menggunakan istilah populer dari pidato Ho Chi Minh pada 1946, mengenai perlawanan terhadap kolonialis Prancis. Isinya mengenai lelucon para siswa tidak perlu menjalani berbagai ujian.

Pejabat lokal di Provinsi Quang Nam mengatakan gadis itu telah merusak sejarah dan melakukan penghinaan serius kepada guru, lapor Media Phap Luat Viet Nam.

Pelajar yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan yang ia tulis di akun Facebook hanya untuk bersenang-senang.

Ho Chi Minh dianggap pahlawan karena berhasil membawa Vietnam lepas dari penjajahan Prancis dan meraih kemerdekaan. Pemerintahan komunis saat ini melarang kebebasan berbicara.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/13/01/09/mgc0j4-hina-pahlawan-di-facebook-siswi-vietnam-diskors-setahun