Apa Itu Dealer Pulsa

Apa itu Dealer Pulsa ?, Setiap perusahaan dagang atau perusahaan jasa yang mempunyai jaringan pasti mengenal istilah Dealer, atau orang yang melakukan deal-deal tertentu dengan pembeli baik berupa jumlah barang atau pun deal harga.Tentunya kita semua rata-rata telah mengetahui arti dari deal yaitu kata serapan dari Bahasa Inggris yang berarti sepakat atau setuju.

Menurut Wikipedia Dealer Pulsa adalah suatu badan atau perorangan yang bertugas sebagai tangan distribusi dari produsen kepada konsumen jadi jika dalam konteks pulsa elektrik maka berarti salah satu channel distribusi dari provider ke pelanggannya. Mari coba kita bahas sedikit mengenai dealer ini.

Dealer Pulsa Elektrik

Dealer Pulsa Resmi

dealer pulsaDealer pulsa elektrik berarti orang/badan yang melakukan pendistibusian pulsa elektrik dari para provider ke konsumen/pelanggan melalui retailer / outlet / konter pulsa, lalu siapa itu Dealer pulsa elektrik di Indonesia? yaitu suatu perusahaan baik itu berbentuk PT atau CV ( tetapi pada umunya berbentuk PT) yang melakukan kerjasama dibawah payung hukum dengan provider untuk membantu menyelenggarakan kegiatan promosi, branding, dan mendistribusikan baik itu kartu perdana, pulsa fisik, pulsa elektrik maupun memberikan info – info terbaru mengenai kegiatan promosi provider dan kebijakan yang dibuat oleh provider dan disampaikan langsung ke masyarakat luas yang berada di wilayahnya.

Dealer pulsa berdasarkan pengertian diatas adalah Dealer Remi Operator sebagai contoh Telesindo dari Telkomsel, lalu Fajar Sejahtera Mandiri dari XL atau Banggai Raya Jakarta dari Indosat, ketiga perusahaan tersebut adalah dealer pulsa resmi dari operator yang telah mendatangani PKS (Perjanjian Kerja Sama).

Dealer Pulsa resmi tentu dituntut untuk mengembangkan penjualan dengan melakukan promosi gencar kepada para pelanggan yang berada di wilayahnya, dealer pulsa resmi juga mempunyai target penjualan yang harus mereka habiskan dalam 1 minggu, maksud dari habiskan disini ialah “habis ga habis harus order lagi ke provider :)” . Agar PKS dipertahankan dan Dealer tidak dicabut haknya maka Dealer pulsa resmi harus mematuhi segala kebijakan yang dibuat oleh provider, sebagai contoh harus menjual di wilayahnya saja/tidak boleh nyebrang :). Kebijakan inilah cikal bakal dari kebijakan Hard Cluster.

Baca: Hard Cluster

Ada keuntungan dan ada kerugian menjadi Dealer pulsa resmi, keuntungannya ialah dalam suatu wilayah hanya dikuasai oleh 1 dealer jadi mau tidak mau outlet / konter pulsa / agen pulsa hanya bisa membeli dari dealer yang berada di wilayahnya saja. Kerugiannya tentu jika barang tidak habis mau tidak mau Dealer Resmi harus melakukan repeat order ke provider. Peningkatan pada RO akan memberikan nilai positif bagi KPI (Key Performance Index) Dealer yang tentu menggembirakan pihak provider :).

Dealer Pulsa Tidak Resmi (Server Pulsa)

Sejak berdirinya server pulsa, kata – kata dealer pulsa menjadi rancu karena bisa mengacu kepada Dealer Resmi dan bisa juga mengacu kepada Dealer Server Pulsa, lho kok bisa? Tentu bisa, layaknya provider dan Dealer Resmi, server pulsa juga mempunyai channel penjualannya kepada outlet / konter pulsa, tentu hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan penjualan server pulsa tersebut agar terus naik.

Tetapi permasalahannya ialah, banyak server pulsa yang menajalankan bisnis pulsa tetapi tidak melakukan koordinasi dengan para dealer-dealernya mengenai kebijakan penjualan, promo-promo dan lain sebagainya, sehingga area penjualan server pulsa menjadi terlalu lebar dan tidak terarah, karena memang tidak ada perjanjian kerja sama atau apapun juga yang ditulis diatas kertas dan ditandatangani kedua belah pihak.

Dealer Pulsa ini bertugas mencari downline dengan harapan bonus transaksi pulsa yang dterimanya akan makin meningkat dengan motivasi inilah banyak dealer pulsa yang membuat website, memajang spanduk pendaftaran dan lain sebagainya dalam upaya pencarian downline. Biasanya server pulsa tertentu membuat persayaratan khusus bagi orang-orang yang ingin men- daftar pulsa untuk menjadi Dealer tentu dengan iming-iming diberikan bonus dan harga pulsa murah oleh server pulsa tersebut. Tetapi seiring dengan makin ketatnya kompetisi server pulsa dalam memasarkan produknya, maka banyak server pulsa yang menghapus persayaratan untuk menjadi dealer server pulsa.

Jadi jika anda ingin menjadi dealer yang handal dan kredibel maka pilihlah juga server pulsa yang berkualitas pelayanan dan juga transaksinya tentu juga support customer service yang baik karena nantinya Anda akan bertanggung jawab terhadap kepuasan downline yang berada di bawah Anda. Semakin tinggi tingkat kepuasannya maka semakin tinggi juga bonus yang mungkin Anda dapatkan.

Sekian pembahasan mengenai Dealer Pulsa ini, semoga memberi pengetahuan sedikit banyak kepada Anda semua