Apakah Anda Yakin Dengan Software Server Anda?

? Ya pertanyaan tersebut sering terbesit di hati kecil saya pada saat pertama kali membuka usaha server pulsa ini. Apakah Software Server Pulsa yang Anda gunakan telah melakukan tugas perhitungan matematika-nya dengan baik? Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah tergantung software yang Anda gunakan, tetapi sebagian besar software server pulsa tentu telah melakukan tugasnya dengan baik karena mereka dibuat oleh orang-orang yang berkompetensi dalam bidang pemrograman. Tetapi tidak ada salahnya juga kan untuk menguji kebenaran perhitungan dari software server pulsa yang Anda gunakan.Yuk mari kita bahas sedikit mengenai cara perhitungannya.

Server Pojok PulsaBagi server pulsa yang baru berdiri mungkin perhitungan ini tidak terlalu digubris bahkan terkesan diacuhkan mengapa? ya karena pemilik server lebih sibuk ke urusan mencari Reseller dan mengembangkan usahanya, disamping itu juga transaksi dan total uang yang berjalan pada server masih dlam jumlah yang tidak terlalu besar sehingga tidak ada kekhawatiran tertentu bagi si pemilik (I will never use Owner word). Tetapi bagi yang sudah berdiri lama dan cukup besar maka banyak Server Pulsa Elektrik yang merasa kok server saya tidak menghasilkan untung ya? kok sepertinya ga maju-maju? kok sepertinya segini-gini saja? kok sepertinya server saya minus mulu yaaa? :(. Untuk itu mari kita cek kebenaran perhitungan software server yang merupakan salah satu tolok ukur pertama sebelum menentukan poin lainnya dalam analisa perhitungan dan akuntansi yang dijalankan oleh server pulsa.

[blockquote align=”right”]Kenapa Server Pulsa Saya Tidak Menguntungkan?[/blockquote] Berhubung software server pulsa elektrik yang saya gunakan adalah OtomaX, maka saya akan coba menguji kebenaran perhitungan dari software tersebut dan Alhamdulillah sampai dengan saat ini OtomaX telah melakukan perhitungan yang cukup akurat. Untuk software server pulsa lainnya mungkin akan saya bahas lain waktu tapi sementara kita bahas spesifik pada software OtomaX. Tetapi perhitungan ini dapat digeneralisasi artinya apapun software yang Anda gunakan, Anda dapat juga menggunakan metode yang saya lakukan untuk melakukan perhitungan tersebut. Inti dari percobaan berikut ialah membandingkan perhitungan Software Server dengan perhitungan Manual. Berikut percobaan perhitungan saya:

Kondisi percobaan perhitungan :

[list style=”list1″ color=”yellow”]

  • Perhitungan ini dilakukan dengan kondisi transaksi diatas 20.000 transaksi per hari.
  • Sebelum mencoba melakukan perhitungan, Anda diwajibkan untuk menghentikan transaksi pada jam sebelum 00.00 sehingga Saldo Awal Saldo Reseller untuk tanggal perhitungan dapat Anda tentukan. (Usahakan setiap hari)
  • Sistem komisi yang diterapkan ialah Komisi yang ditunda (dikumpulkan pada akun bonus terhubung dengan ID Reseller/ Tidak otomatis menambah saldo sebelum dilakukan penukaran komisi)
  • Tidak ada satupun server yang mengambil stok pada kami (Karena memang tidak pernah membuka H2H)
  • Semua transaksi dilakukan oleh Reseller murni (Dijelaskan di poin 4)
  • Pengambilan Stok saya asumsikan semuanya berasal dari H2H (Tidak terlalu berhubungan, kecuali dalam perhitungan stok yang akan coba saya bahas kemudian)
  • Data yang saya gunakan pada perhitungan ini adalah hanya sekedar CONTOH  SAJA dan bukan data server Pojok Pulsa sebenarnya.
  • Tidak ada tujuan lain selain dari berbagi informasi kepada para pemilik server mengenai pentingnya melakukan cek perhitungan software server pulsa secara berkala. Lebih bagus lagi setiap hari.
  • Metode yang saya gunakan hanya berdasarkan kemampuan saya dan pengalaman yang saya miliki jadi tidak bisa dijadikan patokan tapi boleh Anda gunakan pada server Anda.

[/list]

Berikut adalah screenshot perhitungan server saya, yang saya namakan Mutasi Global Server (Dasar sebelum saya menerapkan prinsip-prinsip akuntansi ialah menggunakan perhitungan ini terlebih dahulu)

perhitungan-server-pulsa-1

Silakan Download Contoh Filenya Disini: Mutasi Global Server Pulsa

Dari gambar diatas dapat terlihat bahwa Selisih Akhir adalah NOL yang berarti bahwa perhitungan server pulsa KLOP dengan perhitungan Manual yang kita lakukan. Perhitungan software server pulsa layaknya perhitungan biasa  (Tambah dan kurang) cuma logikanya saja yang dikembangkan 🙂 dan bikin programnya yang susah hehehe. Mari kita bahas proses perhitungannya item per item:

[divider]

I. Mutasi Tambah

[list style=”list4″ color=”yellow”]

  • Saldo Awal RS (828.868.378)
  • Saldo Awal RS ialah Saldo Reseller yang Anda Ambil sebelum transaksi dilakukan, Contoh Misal Anda ingin menghitung tanggal 10 maka saldo Awal yang Anda ambil ialah tanggal 9 pada jam transaksi dihentikan saran saya misalnya tanggal 9 jam 23.45 jadi ada jeda 15 menit bagi Anda untuk menghentikan server dan mengambil saldo Awalnya. Lalu mulailah Transaksi pada tanggal 10 lewat jam 00.00, Misalnya Jam 00.05  jangan sebelumnya ya, nanti saldo Awalnya tidak relevan.

[/list]
[list style=”list4″ color=”yellow”]

  • Penambahan Saldo RS (311.741.133)
  • Penambahan Saldo RS ialah jumlah Total Saldo yang ditambahkan ke akun Reseller pada hari berjalan (tanggal 10) baik itu berasal dari input manual oleh petugas deposit / operator server maupun yang berasal dari input otomatis yang dilakukan oleh Tiket Deposit (jika server Anda mendukung sistem tiket)

[/list]
[list style=”list4″ color=”yellow”]

  • Komisi Ditukar (2.666.300)
  • Nah Akun ini agak harus mendapatkan perhatian karena Beban Anda bertambah pada tanggal berjalan atas akibat pendapatan yang tidak diakui di tanggal sebelumnya. Hehehe kalau kurang mengerti nanti bisa tanya-tanya saya, tapi saya yakin Anda semua mengerti tentang konsep Komisi ini. Akun komisi ini harus dimunculkan karena secara langsung menambahkan Akun Saldo Reseller pada saat komisi tersebut ditukar (tanggal 10) jika Anda menggunakan OtomaX buka tabel MUTASI dan centrang komisi saja, maka Akun Komisi harus ditambahkan oleh jumlah komisi batal tgl berjalan (jgn lihat jumlah total dibawah karena itu sudah dikurangi dengan jumlah batal komisi).

[/list]

Setelah 3 Akun tersebut ditambahkan maka akan didapatkan Total Saldo Reseller sebelum Refund. Yang saya tebalkan penting karena ada refund yang juga akan menambah Total Saldo Reseller Anda.

[list style=”list4″ color=”yellow”]

  • Refund Trx (15.637.445)
  • Refund Transaksi ialah Total Refund yang terjadi pada tanggal berjalan (tanggal10), Jika menggunakan OtomaX maka Anda mengambilnya dari tabel transaksi (BUKAN MUTASI). dengan melakukan shorting pada Satus transaksi –GAGAL– (urutan status ketiga)

[/list]

perhitungan OtomaX

Lalu jumlah kan total harga jual dengan Semua Status Gagal pada tanggal 10 sehingga didapat Jumlah Refund Transaksi (KOTOR) pada tanggal berjalan. Mengapa saya bilang kotor karena ada faktor lainnya yang mempengaruhi besaran Refund Yang Benar-benar terjadi pada tanggal tersebut.

[list style=”list4″ color=”yellow”]

  • Refund Tanggal Maju (561.075)
  • Refund Tanggal Maju ialah Transaksi Tanggal Berjalan (tanggal 10) yang DIBATALKAN/DIGAGALKAN pada tanggal setelahnya misal tanggal 11 karena tentu refund tersebut adalah refund yang terjadi di tanggal 11 dan bukan tanggal 10 bagaimana cara mencarinya?

[/list]

perhitungan server pulsa-3

Nah yang saya kotaki/lingkari adalah transaksi tanggal 10 yang DIGAGALKAN pada tanggal 11 (Asumsi Anda mengerjakan ini setelah lewat tanggal 12) Jika Anda ingin ini tidak masuk perhitungan caranya mudah. JANGAN meng-GAGAL-kan transaksi tanggal 10 sebelum Anda melakukan penarikan data transaksi pulsa tanggal 10. Lalu setelah itu jumlahkan Harga Jual di sampingnya sebagai jumlah Refund Tanggal Maju.

[list style=”list4″ color=”yellow”]

  • Refund Bersih (15.076.370)
  • Maka Setelah Refund Trx DIKURANG dengan Refund Tanggal Maju maka didapat Akun REFUND BERSIH (Semua Refund yang benar-benar terjadi pada tanggal 10 yang menambah Saldo Reseller Anda).

[/list]
[list style=”list4″ color=”yellow”]

  • Refund Tanggal Mundur (721.355)
  • Refund Tanggal Mundur ialah Refung transaksi tanggal sebelumnya (tanggal 9) yang DIBATALKAN pada tanggal 10 sehingga menambah akun Saldo Reseller Anda. Cara mengetahuinya seperti cara diatas hanya saja tanggalnya diubah misal dari tanggal 1 – 9 lalu short tanggal statusnya dan jumlahkan Harga Jual semua tanggal status yang berada pada tanggal 10. (maaf pegel bikin screenshotnya hehehe kalo bingung bisa komen dibawah post ini)

[/list]
[list style=”list4″ color=”yellow”]

  • Refund Trx Hari Ini (15.797.705)
  • Adalah refund transaksi tanggal 10 dan DIBATALKAN juga pada tanggal 10, artinya transaksinya hanya numpang lewat saja. Pada saat terjadi transaksi Saldo RS dipotong dan setelah refund Saldo RS dikembalikan beserta dengan batalnya komisi RS semua proses tersebut terjadi pada tanggal yang sama. Lain Halnya dengan Refund Maju dan Refund Mundur.

[/list]
[list style=”list4″ color=”yellow”]

  • Sehingga Total Saldo Sebelum Refund DITAMBAH dengan Refund Bersih maka akan didapatkan angka Total Saldo RS setelah Refund (Jumlah ini adalah jumlah dimana Total Saldo RS Anda ditambahkan dengan semua komponen penambah pada Mutasi Tambah (1.158.352.181)

[/list]
[divider]

II. Mutasi Kurang

Lalu langkah selanjutnya tentu mengurangi Total Saldo RS dengan transaksi yang dilakukan pada tanggal 10. Mari kita bahas item dalam Mutasi Kurang:

[list style=”list4″ color=”blue”]

  • Pemotongan Saldo RS (284.002.215)
  • Pemotongan Saldo RS ini ialah Total seluruh transaksi yang terjadi pada tanggal berjalan (tanggal 10) baik itu nanti mempunya status Sukses atau Gagal. Jadi walaupun statusnya gagal di akhir hari kan tetap saja waktu perintah masuk transaksi sebenarnya Saldo Reseller Anda telah dipotong oleh Software Server Pulsa. Jika di OtomaX Silakan masuk tabel mutasi dan centrang Transaksi saja. Lalu Ambil jumlah dibawahnya / Jumlahkan semuanya yang ada dalam tabel mutasi (centrang transaksi saja)

[/list]
[list style=”list4″ color=”blue”]

  • Sisa Saldo RS Manual (874.349.966)
  • Nah inilah dia Sisa Saldo RS Anda sebenarnya menurut perhitungan Manual caranya ialah : Total Saldo RS Setelah Refund DIKURANG Pemotongan Saldo RS.

[/list]

Langkah selanjutnya setelah mendapatkan nilai Sisa Saldo RS Manual ialah membandingkan dengan Total Saldo Akhir RS (Saldo Akhir RS by OtomaX) yang Anda ambil pada tanggal 10 setelah transaksi dihentikan, jika mengikuti contoh diatas maka sisa Saldo Akhir yang dicatat oleh OtomaX pada tanggal 10 jam 23.50 (jam terserah Anda kapan ingin mengehentikan transaksi tanggal berjalan) ialah sebesar 875.068.201. Nah Lho kok lain dengan perhitungan Sisa Saldo RS Manual yaitu 874.349.966?

Mari kita cek Selisih dari perhitungan Manual dan Perhitungan Software Anda yaitu dengan mengurangi Saldo Akhir RS by OtomaX dengan Sisa Saldo RS Manual (874.349.966  – 875.068.201  = -721.335) Wah kalo begini setiap hari server pulsa kita rugi sebesar itu dong?? karena pencatatan Sisa Saldo oleh Software lebih besar dari perhitungan Manual, tenang dulu ada faktor lainnya yang belum kita perhitungkan yaitu Batal Komisi dan Refund Tanggal Mundur.

Berikut penjelasannya:

Refund Tanggal Mundur adalah proses penambahan Saldo Reseller Anda tanpa ada Uang yang masuk, mengapa? ya karena yang kembali masuk ialah Stok Pulsa atau Stok pulsa yang tidak terpotong sebelumnya. Sedangkan perhitungan diatas hanya memperhitungkan pemasukan murni dalam hal ini deposit dan pendapatan yang tidak diakui dalam hal ini komisi, sehingga Refund Tanggal Mundur harus kita masukkan ke Penambahan Saldo sebesar 721.335 sehingga perhitungan Sisa Saldo RS Manual menjadi

[notice](874.349.966 + 721.335 = 875.071.301)[/notice]

Coba kita bandingkan lagi dengan perhitungan by Otomax (Software):

[notice]875.071.301  – 875.068.201 = 3.100[/notice]

Lho Kok malah Plus 3.100 🙂 hehehe itu karena ada satu lagi faktor hitung yaitu BATAL KOMISI, jika di OtomaX silakan masuk tabel mutasi dan centrang komisi lalu sort jumlahnya nah yang didapat minus contoh (-25) itulah Batal Komisi nah sekarang coba jumlahkan total BATAL KOMISI yang terjadi pada tanggal berjalan maka hasil yang didapatkan adalah 3.100 juga sehingga perhitungan Manual Seharusnya ialah:

[notice](874.349.966 + 721.335 – 3.100 = 875.068.201)[/notice]

Lalu coba bandingkan lagi dengan Sisa SAldo by OtomaX (Software) yaitu :

[success]875.068.201 – 875.068.201 = 0[/success]

Nah Hasil akhirnya NOL bukan? yang berarti tidak ada selisih yang terjadi pada tanggal tersebut, bisa juga disimpulkan software server pulsa telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Perhitungan diatas sebagai Dasar dari perhitungan sesungguhnya yang akan saya bahas ke depan yaitu Penerapan Akuntansi Server Pulsa pada Server Pulsa Elektrik kita msaing-masing. Sehingga Anda bisa melakukan cek likuiditas server Anda dalam menjalankan usahanya. Tentu informasi keuangan sangat vital dalam hal jika usaha Anda ingin berkembang ataupun ingin dikembangkan. Oleh karena itu jangan pernah meremehkan pencatatan akuntansi server pulsa yang rapih dan teratur serta berkesinambungan karena merupakan dasar dari perusahaan yang baik.

Sekali lagi tulisan ini saya buat hanya didasarkan atas pengalaman pribadi saya dan tidak mempunyai tujuan tertentu apapun, bahkan saya tidak terlalu akrab dengan pembuat software / developer / Dealer ataupun Reseller dari software yang saya gunakan, tetapi tetap kenal dengan mereka dan masih bertegur sapa sesekali.

Semua merk yang saya sebut diatas adalah properti dari perusahaan/orang yang membuatnya yang mungkin dilindungi oleh hak cipta.

Oke segitu dulu nanti akan coba saya lanjut dengan mencari keuntungan server dalam sekejap dengan data diatas dan melakukan analisa-analisa lainnya guna pengembangan usaha Server Pulsa Elektrik Anda.

Silakan Download Contoh Filenya Disini: Mutasi Global Server Pulsa

Questions and Critics are warmly welcomed…

Salam Hangat Pojok Pulsa

– kojop –

Lanjut ke Rekonsiliasi Harga Beli Pulsa Elektrik