call center

Dalam industri telekomunikasi peranan call center sangat penting karena merupakan bentuk tanggung jawab suatu operator seluler dalam mendengarkan dan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh pelanggannya. Tentu peranan Call Center tidak hanya terkait dalam industri telekomunikasi tetapi dalam semua bentuk bidang apapun dan industri apapun. Service dan pelayanan yang baik adalah alat vital dan sangat penting dalam berkompetisi dengan industri dalam bidang yang sama, ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan jasa yang notabene memang memberikan pelayanan tapi juga kepada perusahaan dagang. Call center juga berperan untuk kemajuan suatu perusahaan seperti menilai pelayanan yang kita berikan dalam kaca mata pelanggan dan juga dapat meningkatkan nilai baik (competitive advantages) suatu perusahaan dibandingkan dengan perusahaan di bidang yang sama.

[blockquote align="left"]Call Center adalah salah satu Alat Kompetitif untuk bersaing dengan Industri Yang Sama[/blockquote]Karena web ini berhubungan dengan pulsa elektrik dan perkembangan telekomunikasi, maka secara spesifik saya akan coba jabarkan sedikit Call Center dari masing-masing perusahaan besar di Indonesia dalam bidang telekomunikasi.
[divider]

Call Center Telkomsel

Telkomsel hadir sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, maka sebagai service leader dalam indutri telekomunikasi sudah sepantasnya atau saya pikir wajib memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya, yaitu dengan menempatkan sumber daya manusia Telkomsel yang terlatih dan sangat mengerti apa itu arti kepuasan pelanggan (customer satisfaction)

call centerCall Center Telkomsel saat ini yang harus kita ketahui ialah 116 dan 188 tetapi dengan adanya Peraturan dari Menteri Telekomunikasi dan Informatika yaitu: Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor: 9/PER/M.KOMINFO/06/2010 maka terhitung mulai tanggal 1 Februari 2012 Call Center Telkomsel telah berganti menjadi 155 dan 188.

Layaknya 116, Call Center Telkomsel yang baru (155) tidak memungut biaya / bebas pulsa (toll free) apapun dari pelanggannya dan merupakan pusat informasi bagi seluruh pelanggan Kartu Prabayar dari Telkomsel yaitu simPATI dan KartuAS, tetapi jika kamu menginginkan layanan premium untuk berbicara langsung dengan Customer Service dari Telkomsel maka kamu dapat menghubungi 188 tentu dengan biaya pulsa sebesar Rp. 300 per satu kali telepon.

[notice]Contact Center Telkomsel : 155 (Bebas Pulsa) dan 188 (Rp. 300 per panggilan)[/notice]

Call Center Indosat

Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi kedua terbesar di Indonesia juga tentu ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Sebagai Info, Indosat berhasil meraih Call Center Award pada Tahun 2009 dimana Award ini merupakan simbol pelayanan terbaik kepada para pelanggannya.

Berikut adalah Nomoryang disediakan oleh Indosat yang digunakan untuk melayani baik itu informasi pelanggan, pulsa elektrik, galeri Indosat , ataupun produk-produk Indosat yang lainnya:

Via PSTN : 021 5438 8888
021 3000 3000
021 3011 1111
Via Matrix & StarOne : Dial 111 (Free)
Via Mentari : Dial 222 (Free)
Dial 100 (Rp.400,-/call)
Via IM3 : Dial 100 (Rp.400,-/call)
Fax : 021 5449501-06

Dari tabel diatas, khusus untuk pelanggan IM3 tidak mempunyai Center Bebas Pulsa karena jalur yang tersedia hanya Dial 100 dan dikenakan tarif pulsa sebesar Rp. 400 er satu kali panggilan.

Call Center XL Axiata

Sebagai pelanggan XL untuk dapat menghubungi Customer Representative mereka mengenai info produk dan layanan yang diberikan oleh XL Axiata, kamu dapat menghubungi nomor berikut ini:

Telepon (PSTN) : +62-21-579 59 817 (Tarif dan biaya berlaku sesuai masing-masing operator)
818 – Untuk info layanan melalui mesin penjawab. Tanpa biaya.
817 – Untuk berbicara dengan XL Contact Center Representatives:
Rp 350,-/per panggilan.
Fax: +62-21-579 59808
Email: customerservice@xl.co.id

Call Center Axis

Axis telah menjelma menjadi salah satu kuda hitam pesaing 3 operator terbesar di Indonesia berkat tarifnya yang murah serta fitur dan layanannya yang beragam, jika kamu adalah pelanggan Axis maka untuk bantuan layanan informasi mengenai produk dan layanan yang diberikan oleh Axis kamu dapat menghubungi Contact Center Axis dengan nomor 838 dari Nomor Axis kamu.

[notice]Contact Center Axis : 838 (Bebas Pulsa)[/notice]

Call Center Three

Bagi para pelanggan Three, silakan hubungi Nomor berikut untuk layanan pelanggannya :

Prabayar 123
200 (Rp.300,-/ Call)
Pascabayar 100 (Free)

Call Center Esia

Contact Center Esia dapat dihubungi melalui Nomor Esia terdaftar Anda melalui metode Dial *999

[notice]Call Center Esia : Dial *999 (Bebas Pulsa)[/notice]

Call Center Flexi

Jika kamu adalah pelanggan kartu prabayar CDMA dari Telkom Flexi, maka untuk mendapatkan informasi dan layanan serta info produk-produk dan paket-paket yang tersedia kamu dapat menghubungi 147 dari Nomor Flexi prabayar kamu.

Perkembangan Call Center Indonesia

Demi perkembangan industri telekomunikasi maka kita semua berharap manajemen contact center dapat di organisasikan dengan lebih baik lagi, disamping itu penerjemahan contact center seharusnya tidak pada area cakupannya secara kuantitatif tetapi lebih kepada kualitas pelayanan Contact Center yang diberikan. Mari ikut membangun industri telekomunikasi Indonesia menuju ke arah yang lebih baik lagi.

As usual, critics and questions are always warmly welcomed
Akhir bahasan Call Center