Perenang marathon, Penny Palfrey mencoba mencetak rekor dengan berenang melintasi Selat Florida sejauh 166 kilometer. Palfrey memulai aksi ini, Jumat (29/6/2012) pagi dengan berenang dari pantai di Havana, Kuba, menuju Florida, Amerika Serikat (AS). Palfrey akan berenang tanpa alat bantu, termasuk alat pelindung dari kemungkinan serangan hiu.

penny palfrey Kantor berita AP, Jumat, melaporkan bahwa Palfrey melambaikan tangan kepada penonton sebelum terjun ke laut dengan suhu air relatif hangat di Havana. Palfrey berenang mengarah ke utara. Dia memperkirakan akan membutuhkan waktu waktu 40 jam sampai 50 jam untuk melintasi selat Florida.

Upaya berenang ini akan menguji daya tahan manusia berenang di laut lepas dengan gelombang dan arus relatif kuat. Perempuan ini akan berupaya mengatasi kelelahan fisik dan mental, kemungkinan dehidrasi dan serangan dari binatang laut yang berbahayaa seperti hiu.

Apabila sukses, maka Palfrey akan mencatat rekor sebagai perempuan pertama yang berenang melintasi Selat Florida, tanpa bantuan apapun, termasuk berenang dalam kandang besi yang melindunginya dari serangan hiu. Meski demikian, Palfrey menggunakan sejumlah peralatan di sekitar dirinya termasuk sensor elektrik yang akan mendeteksi adanya predator yang hendak mendekati dirinya.

Sebelumnya, Susie Maroney asal Australia, pada usia 22 tahun berhasil melintasi Selat Florida pada tahun 1977. Hanya saja, ketika itu Susie berenang dalam kandang besi pelindung hiu.

Diana Nyad dari AS pernah mencoba berenang tanpa pelindung dari hiu, namun gagal berenang melintasi Selat Florida. Dia mencobanya lagi tahun lalu menjelang usia 62 tahun, tapi gagal karena asamnya. Namun Nyad betekad akan mencoba lagi upaya memecahkan rekor tadi pada musim panas ini.

Palfrey kini berusia 49 tahun, ibu dan juga nenek, lebih mudah satu dekade dibanding Nyad. Palfrey berenang mengenakan pakaian renang untuk olahraga, namun pelindung pada kaki terhadap serangan ubur-ubur yang bisa mengganggu upayanya menaklukan Selat Florida dengan berenang.

Saat malam hari, Palfrey tentu saja diawasi lebih dari belasan orang yakni navigator, penolong, pendayung kayak, dan tenaga medis yang terus mengikutinya dengan kapal Sealuver sepanjang 13 meter. Tinggal 50 jam lagi apakah akan ada rekor berenang menaklukan Selat Florida atau tidak.

Sumber: Kompas