Apple diwajibkan mengumumkan bahwa Samsung tidak menirunya di beberapa surat kabar dan majalah.

foto

Tak hanya itu, raksasa teknologi yang bermarkas di California ini harus menuliskan kalimat serupa di situs resminya selama enam bulan berturut-turut.

“Hukuman” itu diputuskan Pengadilan Tinggi London, Inggris, beberapa waktu lalu. Ketua majelis hakim Colin Birss menyatakan tuduhan Apple yang menuding Samsung Galaxy Tab meniru Apple iPad tidak berdasar.

“Tidak ada kesamaan yang ekstrem di antara kedua perangkat ini,” kata hakim Birss seperti dikutip Telegraph, Kamis, 19 Juli 2012.

Menanggapi putusan tersebut, pengacara Apple, Richard Hacon mengatakan perintah pengadilan jelas-jelas merugikan kliennya. “Tidak ada perusahaan yang suka melihat saingannya di situsnya,” katanya.

Hacon menambahkan, Apple tak akan tinggal diam mengetahui keputusan tersebut. Kemungkinan perusahaan berlogo buat apel kroak ini akan menempuh jalur hukum lanjutan.

Dalam putusannya, hakim Birss menyatakan Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab setidaknya memiliki dua perbedaan signifikan. Pertama, Galaxy Tab lebih tipis ketimbang iPad. Kedua, detil di bagian belakang, baik itu Samsung Galaxy Tab maupun Apple iPad, sama-sama berbeda dan tak biasa.

Di lain pihak, juru bicara Samsung mengatakan jika Apple terus-menerus menuntut setiap vendor yang dinilai memiliki kesamaan dengan produknya, langkah ini bisa membahayakan konsumen. “Ini berlebihan dan mengancam inovasi di dunia teknologi,” katanya.

Selain Samsung, Apple juga menggugat HTC karena dianggap meniru empat paten Apple. Di antaranya soal fitur slide-to-unlock di ponsel HTC yang fungsinya sama seperti pada iPhone.

Namun gugatan tersebut kandas. Awal bulan lalu hakim memutuskan HTC tidak melanggar paten apa pun yang dimiliki Apple.

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/07/19/072417961