Samsung mulai mengembar-gemborkan sebuah aplikasi baru yang disebut “Easy Phone Sync”. Adanya aplikasi ini, pengguna bisa mentransfer konten dari perangkat iOS Apple ke perangkat Galaxy besutan Samsung.

detail beritaPerangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer musik, video, podcast, gambar, kontak, dan pesan teks dari iPhone ke perangkat Samsung, seperti Galaxy S III. Aplikasi baru ini telah diumumkan oleh Samsung Mobile Inggris pada Jumat lalu.

“Kami sangat bangga mengumumkan peluncuran aplikasi baru ini dan tidak sabar untuk mendengar apa yang pengguna pikir tentang aplikasi ini,” kata Vice President Telecommunication and Networks Samsung Inggris Simon Stanford, seperti dilansir dari Apple Insider, Minggu (24/6/2012).

Aplikasi Easy Phone Sync ini, kata Stanford, sangat mudah digunakan. “Kami tahu bahwa pengguna iPhone secara tradisional enggan pindah ke perangkat Android karena mereka tidak bisa menggunakan iTunes untuk mengatur konten mereka. Tapi dengan Easy Phone Sync, kini orang-orang bisa menikmati konten iTunes di ponsel Galaxy Samsung,” jelasnya.

Penggunaan aplikasi pihak ketiga Samsung untuk mentransfer data ini berbeda dengan pendekatan yang dilakukan Palm (sudah tidak berfungsi), yang dibuat pada 2009 di sistem operasi webOS sebagai trik agar iTunes “berpikir” bahwa smartphone Palm adalah iPod.

Hal itu juga terus memicu pertempuran dengan Apple yang terus berusaha memblokir webOS berhenti “menipu” iTunes, dan Palm yang juga terus mengeluarkan update webOS untuk mengaktifkan kembali sinkronisasi iTunes.

Namun, aplikasi gratis Easy Phone Sync memungkinan pengguna untuk melanjutkan menggunakan perangkat lunak iTunes di PC mereka untuk mengatur musik, video, dan podcast. Artinya, saat iTunes tidak ingin ada sinkronisasi, aplikasi Samsung akan tetap mendapatkan konten iTunes terbaru.

Aplikasi baru ini merupakan tanda lain dari meruncingnya persaingan antara Apple dan Samsung. Seperti diketahui, kedua perusahaan kini terlibat dalam sengketa paten di seluruh dunia dengan tuntutan hukum di 10 negara. Kini Easy Phone Sync yang dikembangkan Media Mushroom untuk sistem operasi Android ini telah tersedia di Google Play.
(adl)

Sumber: http://techno.okezone.com/read/2012/06/23/325/652544/aplikasi-ini-pindahkan-konten-dari-iphone-ke-galaxy-s-iii