Dua bersaudara asal Bosnia, kehilangan jejak satu sama lain hampir 72 tahun lamanya. Mereka terpisah sejauh 200 kilometer ketika terjadi Perang Dunia II.

detail beritaDilansir Emirates247, Minggu (6/1/2013), Tanija Delic (88 tahun) dan Hedija Talic (82 tahun) tidak pernah bertemu satu sama lain sejak 1941, hingga situs jejaring sosial Facebook mampu mempertemukan mereka. Seperti yang dikabarkan media lokal, selama 72 tahun mereka tidak bertemu dan mereka terpisah sejauh 200 kilometer (125 mil).

Talic, ketika ia berusia 11 tahun, terpisah dari keluarganya dan mengungsi di sebuah desa di barat laut Bosnia pada awal Perang Dunia II. Dia kemudian tinggal di panti asuhan, sedangkan orang tuanya wafat selama perang dan saudara perempuannya Tanija bermigrasi ke Amerika Serikat.

“Setelah perang, orang-orang menceritakan segala macam hal. Beberapa orang mengatakan, keluarga saya dibunuh, yang lain mengatakan bahwa mereka bermigrasi ke Amerika Serikat,” tutur Talic.

Talic mengungkapkan, ia hampir kehilangan harapan bahwa ia tidak akan melihat saudara kandungnya kembali. Talic kemudian pindah bersama keluarganya ke sebuah desa dekat kota timur laut Tuzla, sementara kakaknya tinggal di sebuah desa di barat laut Bosnia.

Mereka pada akhirnya dapat berjumpa satu sama lain, setelah anak Talic tertarik pada silsilah keluarga dan menghubungi putri tantenya melalui Facebook. Lalu, Talic dan Tanija bisa bertemu satu sama lain dan mengungkap kenangan peristiwa sejak mereka kecil.

Kini, keduanya berupaya untuk menelusuri saudara laki-laki atau keluarga mereka, yang diyakini berada di wilayah Amerika Serikat.

Sumber: http://techno.okezone.com/read/2013/01/06/91/742084/72-tahun-terpisah-facebook-pertemukan-2-saudara-ini